Penyeludupan 54 Orang TKI Ilegal Ke Malaysia Digagalkan Polsek Kualuh Hilir Labura

Minggu, Januari 23rd 2022. | HUKUM - KRIMINAL, Labura | Dibaca 2,012 Kali

TKI di dalam truk saat diamankan Polsek Kualuh Hilir

LABUHANBATU Utara (MS) – Penyeludupan 54 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal berhasil digagalkan Personil Polsek Kualuh Hilir, Jumat (21/1) malam sekitar pukul 22.30 WIB, di jalan Umum Simpang 4 Jatuan Golok, Desa Simandulang,Kecamatan Kualuh Leidong, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

TKI yang berhasil diamankan terdiri dari 14 wanita dan 40 laki-laki.

Kapolsek Kualuh Hilir, AKP Krisnat, SE MH, melalui pesan singkatnya, Sabtu (22/01/2022) sore menjelaskan secara rinci, upaya penggagalan pengiriman TKI tersebut.

Menurut Kapolsek, Jumat (21/01/2022), personil Polsek Kualuh Hilir menerima informasi dari masyarakat, bahwa ada saru truk di Desa Simandulang sedang membawa TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia. Kemudian team Opsnal dan unit Intel menuju Desa Simandulang.

Petugas benar menemukan truk colt Disel, No Pol BK 8881 ND. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap muatan truk, dan benar didalam truk ditemukan TKI sebanyak 54 orang, kata Krisnat.

Colt Diesel itu, dikemudikan Aliman (30), warga Bagun Baru, Kabupaten Asahan. Kemudian Team bertanya kepada supir akan dibawa kemana TKI tersebut. Supir menjelaskan, ianya disuruh oleh seorang laki – laki F (30) warga Bagun Baru Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, untuk memuat orang yang berada di Simpang 4 Jatuan Golok Desa Simandulang dengan upah Rp.1.500.000.

“Para TKI Ilegal itu, menurut pengakuan supir akan dibawa ke Bagan Asahan Kabupaten Asahan, untuk diserahkan kepada agen,” ujar Krisnat.

Setelah itu, team membawa supir dan kernet mobil dump truck cold disel berserta TKI ke Polsek Kualuh Hilir untuk diminta keterangan lebih lanjut.

Ditambahkannya, 54 orang yang ditemukan merupakan TKI yang akan di berangkatkan ke Negara Malaysia dengan cara tidak sah / Ilegal. 54 orang TKI tersebut berasal dari berbagai daerah Jawa, Aceh, Medan, Tebingtinggi, Kisaran dan Langkat.

Sebelum di temukan oleh personil Polsek Kualuh Hilir, ke 54 TKI telah diinapkan di sebuah rumah di perkampungan (Wilkum Asahan).

Menurut Krisnat, berdasarkan keterangan TKI, bahwa agen yang memberangkatkan terdiri dari beberapa orang. Salah satunya berinisial A (35), warga Tanjungbalai. Beberapa orang TKI menerangkan, telah menyerahkan uang kepada masing -masing agen dengan jumlah berpariasi mulai Rp 3,5 – 5 juta kepada laki-laki inisial A.

Dari 54 orang calon TKI, yang memiliki paspor hanya 2 orang sedangkan sebanyak 52 orang tidak memiliki paspor.

Laporan : samsul

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Penyeludupan 54 Orang TKI Ilegal Ke Malaysia Digagalkan Polsek Kualuh Hilir Labura