5 Manfaat Konsumsi Buah Markisa, Bagus untuk Penderita Diabetes *Biji Buah Markisa Baik untuk Kulit hingga Mencegah Alzheimer

Minggu, Juli 18th 2021. | Kesehatan, NASIONAL | Dibaca 530 Kali

Ilustrasi buah markisa (pixabay.com)

JAKARTA (MS)  – Selain bisa dikonsumsi langsung, buah markisa juga umum dijadikan jus maupun sirup segar. Sangat mudah ditemukan di pasaran, berikut lima manfaat kesehatan yang ditawarkan buah markisa, dirangkum dari beberapa sumber untuk Anda.

• Kaya Vitamin

Melansir artikel di laman Web MD, buah markisa kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen. Kandungannya juga berperan membantu penyembuhan luka, menurunkan risiko peradangan, dan melindungi sel-sel dari kerusakan

Tak hanya itu, daging markisa juga mengandung 8 persen vitamin A untuk memenuhi asupan vitamin A harian yang membantu menyehatkan mata, reproduksi, dan peningkatan kekebalan tubuh.

• Kaya Serat

Buah markisa mengandung serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Efek kenyang ini berkaitan dengan tindakan membatasi asupan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol, risiko diabetes, penyakit jantung, dan sejenis kanker tertentu.

• Rendah Indeks Glikemik

Mengutip artikel Healthline, markisa termasuk buah tropis yang rendah nilai indeks glikemik, sehingga saat dikonsumsi tidak menimbulkan peningkatan gula darah yang tajam. Manfaat inilah yang membuat markisa aman dikonsumsi penderita diabetes.

• Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam biji markisa dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang. Peningkatan sensitivitas insulin ini membantu mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

• Manfaat Kardiovaskular yang Signifikan

Markisa dapat membantu pelebaran pembuluh darah akibat relaksasi sel otot polos di dalam dinding pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah ini membantu menurunkan tekanan pada sisitem kardiovaskular. Dalam artikel Heal With Food dijelaskan bahwa, pelebaran pembuluh darah berakitan dengan efek zat vasorelaxing dari polifenol utama yang ditemukan dalam biji markisa.

Biji Buah Markisa Baik untuk Kulit hingga Mencegah Alzheimer

Buah markisa biasanya diolah menjadi minuman atau makanan sebelum dikonsumsi. Tapi ternyata ada cara lebih baik untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang terkadung di dalamnya, yaitu memakannya bijinya secara langsung.

Meskipun rasanya asam, biji buah ini kaya akan vitamin A, vitamin C, serat makanan, magnesium, kalium, zat besi, riboflavin, karotenoid, asam nikotinat, dan flavonoid. Dilansir dari Boldsky, Jumat, 3 Mei 2019, berikut ini adalah beberapa manfaat dari biji markisa.

1. Melawan penyakit kronis

Salah satu manfaat kesehatan utama yang ditawarkan oleh biji markisa adalah membantu mencegah timbulnya penyakit kronis. Seperti disebutkan sebelumnya, biji markisa kaya akan serat tidak larut yang dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

2. Mencegah penyakit degeneratif

Kaya akan antioksidan, biji buah eksotis ini membantu membatasi dampak penuaan. Biji markisa digunakan untuk pencegahan penyakit terkait usia seperti Alzheimer, Parkinson, demensia, dan radang sendi.

3. Meningkatkan metabolisme

Kandungan magnesium dalam biji markisa dapat membantu aktivitas metabolisme Anda. Berbagai macam mineral dan vitamin hadir dalam biji markisa yang akan membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat. Artinya, mereka membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga mencegah penambahan lemak yang berlebihan.

4. Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan magnesium dalam biji markisa dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Magnesium memperkuat tulang Anda dan mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis. Mengonsumsi biji markisa secara terkendali dapat memperbaiki tulang yang lemah dan rapuh.

5. Mengontrol sekresi sebum

Sebum adalah sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous, yang terletak di kulit, telinga, kulit kepala, dan lainnya. Penumpukan sekresi berminyak dapat menyebabkan rambut berminyak dan kulit berminyak. Minyak esensial yang dihasilkan dari biji markisa membantu mengendalikan sebum dan melindungi kulit dari komedo, jerawat, dan wajah kusam.(TEMPO.CO).

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For 5 Manfaat Konsumsi Buah Markisa, Bagus untuk Penderita Diabetes *Biji Buah Markisa Baik untuk Kulit hingga Mencegah Alzheimer