Hasil SEA Games 2021, Thailand U-23 vs Indonesia U-23: 1-0

Kamis, Mei 19th 2022. | NASIONAL | Dibaca 263 Kali

Pose pemain Timnas Indonesia sebelum pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games 2021 melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Phu Tho (mimbarsumut.com) – Asa Timnas Indonesia U-23 untuk meraih medali emas di SEA Games 2021 dipastikan buyar. Setelah Garuda Muda dikalahkan Thailand U-23 di babak semifinal, Kamis (19/5/2022).

Gol semata wayang Weerathep Pompan cukup untuk membawa Thailand menuju partai Final.

Di awal pertandingan ini, Timnas Indonesia sedikit lebih dominan. Baru tiga menit laga berjalan, Indonesia sudah mengancam melalui tendangan bebas Marc Klok, namun bola masih melebar tipis dari gawang Vietnam.

Dominasi Timnas Indonesia berlanjut. Indonesia menguasai lebih banyak bola di laga ini, namun mereka kesulitan untuk menembus pertahanan Thailand yang tampil rapat sejak awal laga.

Thailand sendiri memang bermain cukup pragmatis di babak pertama. Namun mereka melepaskan serangan balik yang cukup berbahaya, di mana pada menit ke-26 Thailand membuat peluang berbahaya pertama mereka melalui tembakan Benjamin, namun bola masih bisa dihalau oleh Ernando.

Peluang berbahaya Indonesia berikutnya juga datang dari Bola mati. Berawal dari Egy yang melepaskan umpan terukur dari tendangan bebas, bola berhasil disundul oleh Rizky Ridho namun bola masih melebar.

Peluang berbahaya terakhir Indonesia datang dari sepak pojok Marc Klok yang mengarah langsung ke gawang. Namun tidak beruntung, tembakannya itu hanya mengenai mistar gawang. Skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, Thailand mengubah gaya bermain mereka. Jika sebelumnya mereka lebih agresif dalam menyerang.

Perubahan gaya bermain Thailand ini membuat pertahanan Indonesia agak ketar-ketir. Sehingga para pemain Indonesia kerap membuat pelanggaran berbahaya di dekat kotak penalti.

Di menit 63, Shin Tae-yong membuat dua pergantian pemain. Saddil Ramdhani dan Syahrian Abimanyu masuk menggantikan Marselino Ferdinand.

Masuknya dua pemain ini mulai mengubah dinamikan permainan Indonesia. Garuda Muda mulai keluar dari tekanan Thailand dan mengancam gawang Thailand.

Di menit-78, Timnas Indonesia membuat ancaman yang sangat berbahaya melalui sundulan Marc Klok, namun kiper Thailand, Kawin bisa menggagalkan peluang itu. Dua menit berselang, giliran Syahrian Abimanyu yang melepaskan tembakan bebas jauh yang mengarah ke pojok gawang Thailand, namun bola lagi-lagi dipatahkan Kawin.

Timnas Indonesia lagi-lagi mendapatkan peluang yang sangat berbahaya melalui serangan balik. Sayang Egy yang jadi ujung tombak tembakannya terlalu lemah sehingga bola diamankan dengan mudah oleh Kawin.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 bertahan dan laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Memasuki babak tambahan waktu, pertandingan berjalan dengan sengit. Kedua tim tetap melakukan jual beli serangan.

Namun petaka bagi Indonesia, gawang Ernando jebol di menit 95. Berawal dari koordinasi pertahanan Indonesia yang kurang baik, Weerathep berhasil melepaskan tembakan keras di dalam kotak penalti dan sukses menjebol gawang Indonesia.

Gol tersebut membuat intensitas permainan menjadi meningkat. Thailand semakin pede menyerang, sementara Timnas Indonesia juga meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan.

Jual beli serangan terus berlanjut namun skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Thailand.

Di babak kedua, kondisinya sedikit berubah. Indonesia tampil lebih menekan dan mengambil resiko sementara Thailand lebih bermain konservatif di sisa laga.

Di akhir babak tambahan kedua, Thailand harus bermain dengan 10 pemain setelah William Gabriel mendapatkan kartu kuning kedua. Tidak lama berselang, Indonesia juga bermain 10 pemain setelah Firza Andika mendapatkan kartu merah karena melakukan pelanggaan saat Thailand melakukan serangan balik.

Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya melakukan protes berlebihan mendapatkan kartu kuning kedua, sehingga Indonesia bermain dengan delapan pemain. Tidak lama berselang, pelatih Timnas Thailand Alexander Polking juga mendapatkan kartu kuning akibat protes berlebihan.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-0 tidak berubah dan Thailand memastikan diri lolos ke Final.

Laga Berikutnya

Berkat kekalahan ini, Timnas Indonesia U-23 dipastikan gagal ke Final. Namun Skuat Garuda masih punya kesempatan untuk meraih medali perunggu di perebutan juara tiga.

Untuk lawannya sendiri masih menunggu pemenang laga Vietnam U-23 vs Malaysia U-23 di semifinal satunya.

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Thailand U-23: Kawin; Nakin, Kemdee, Ekanit, Korawich; Airfan, Worachit, Chanapach, Davis; Weerathep, Chayapipat
Pelatih: Alexander Polking

Timnas Indonesia U-23: Ernando; irianto, Fachruddin, Rizky Ridho, Dewangga; Klok, Marselino, Kambuaya; Witan, Irfan Jauhari, Egy Maulana
Pelatih: Shin Tae-yong
(Bola.net).

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For Hasil SEA Games 2021, Thailand U-23 vs Indonesia U-23: 1-0