Hati-hati! Jalur Dieng-Banjarnegara Longsor

Senin, Desember 10th 2018. | NASIONAL, Nusantara, PERISTIWA | Dibaca 809 Kali

Foto: Dok BPBD Banjarnegara/detikcom

BANJARNEGARA (MS) – Tanah longsor terjadi di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Senin (10/12/2018). Material longsor sempat menutup akses utama menuju dataran tinggi Dieng lewat Banjarnegara.

Meski tidak ada korban jiwa, namun pengemudi atau wisatawan diimbau untuk tetap waspada. Sebab curah hujan masih tinggi dan adanya ancaman tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan, banjir dan tanah longsor di Desa Paweden disebabkan adanya genangan air yang tersumbat. Karena banyaknya volume air, struktur tanah tidak kuat yang kemudian mengakibatkan longsor.

“Intensitas hujan tinggi dan durasi lebih dari 3 jam pada siang hari. Sehingga pada Senin sore genangan itu longsor,” ungkap Arif melalui sambungan telpon, Senin (10/12/2018).

Akibatnya, material longsor menutup jalan utama Banjarnegara-Dieng serta Banjarnegara-Pekalongan. Tanah longsor tersebut tidak menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. Hanya akses utama ke Dieng tertutup total.

“Sempat tertutup total, tetapi kami beserta TNI/Polri dan para relawan telah membersihkan material ini. Dan sekarang sudah bisa dilalui kendaraan lagi,” terangnya.

Namun demikian, ia mengimbau agar pengguna jalan tetap waspada saat melintas di daerah tersebut. Sebab, saat ini intensitas hujan masih tinggi. Sedangkan struktur tanah di sekitar jalan tersebut rawan longsor dan labil.

“Imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada karena potensi hujan masih tinggi dan longsor bisa terjadi kapan saja,” pungkas dia. (dct)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Hati-hati! Jalur Dieng-Banjarnegara Longsor