Kadivpas Klaim Tak Ada Lagi Renov Sel di Lapas Sukamiskin

Jumat, Desember 14th 2018. | HUKUM - KRIMINAL, NASIONAL, Nusantara, SOSIAL | Dibaca 1,008 Kali

Ilustrasi sel mewah Lapas Sukamiskin (Foto: Kloset duduk di sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin (dct)

BANDUNG (MS) – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Kantor Wilayah (Kanwil) Jabar mengklaim Lapas Sukamiskin saat ini bersih dari bisnis ilegal renovasi sel ratusan juta rupiah. Pengawasan ekstra dilakukan guna mencegah praktik itu muncul.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkum HAM Jabar Krismono mengatakan dirinya memang sempat mendengar praktik itu terjadi di lapas khusus koruptor tersebut. Namun, dia memastikan saat ini sudah tak ada lagi hal serupa.

“Kalau kabar burung (renov sel) saya pernah dengar, cuma sekarang ini sudah tidak ada lagi model seperti itu,” ucap Krismono kepada detikcom, Jumat (14/12/2018).

Krismono mengatakan bersihnya praktik tersebut dibuktikan juga dengan pencanangan zona integritas di Lapas Sukamiskin. Saat ini, kata dia, lapas tersebut tengah ditargetkan menjadi lapas bebas praktik korupsi.

“Sekarang semua sudah terproses menuju zona integritas. Kami sekarang sudah menuju ke wilayah bebas dari korupsi. Tanggal 18 (desember 2018) kita canangkan,” tuturnya.

Selain itu, saat ini petugas-petugas di Lapas Sukamiskin pun telah diganti. Nyaris seluruh pegawai lapas yang terindikasi terlibat saat operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Wahid Husen beberapa waktu lalu, diganti.

“Semua pejabat baru, kemudian pegawai-pegawai baru semua. Kita mutasikan yang sebelumnya ganti dengan yang baru. Kan dimulai dengan assessment baik yang masuk maupun keluar,” ucap dia.

“Jadi sekarang enggak ada lagi yang begitu, bisa dibuktikan,” kata Krismono menambahkan.

Renovasi sel senilai ratusan juta tersebut terungkap dalam sidang eks Kalapas Sukamiskin beberapa hari lalu. Dalam sidang, saksi Andri Rahmat yang juga terdakwa dalam kasus ini, menyebut ada perbaikan sel sesuai permintaan penghuni.

Selama dibui, Andri yang bertanggung jawab atas renovasi tersebut. Andri juga menyebut apabila biaya renovasi bisa menyentuh angka hingga Rp 100 juta untuk satu kamar. (dct)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Kadivpas Klaim Tak Ada Lagi Renov Sel di Lapas Sukamiskin