Kapolri: Wilayah Banten Terdampak Tsunami 200 Km dari Anyer – Sumur

Minggu, Desember 23rd 2018. | Bencana Alam, NASIONAL, Nusantara, PERISTIWA | Dibaca 885 Kali

Kondisi pesisir pantai di Banten yang dipantau dari udara (Foto: dct)

BANTEN (MS) – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek kondisi pesisir pantai paling barat Pulau Jawa yang terdampak tsunami. Tito menyebut wilayah yang terdampak tsunami kurang lebih 200 kilometer (km).
“Tadi kita lewat udara dari Pelabuhan Merak sampai Labuhan. Daerah Merak aman tidak terdampak, sampai dengan Anyer tapi mulai dari pertengahan Kecamatan Anyer sampai dengan Sumur, garis pantainya lebih kurang sekitar 200 km itu ada yang terdampak,” ujar Tito usai meninjau lokasi di Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018).

Tito mengatakan sepanjang garis pantai 200 km itu tidak semuanya dihuni penduduk. Dia menyebut korban sebagian besar di kawasan wisata.

“Ini jalan mulai terbuka, tadinya banyak tertutup pohon, ada bangunan pagar yang jatuh itu, mulai terbuka jalan,” kata Tito.

Menurut Tito, arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), seluruh instansi terkait harus berkoordinasi untuk terutama mengevakuasi korban. Gelombang tsunami di Banten dan Lampung itu terjadi pada Sabtu (22/12) malam. Data terbaru, BNPB menyebut jumlah korban tewas tsunami di Selat Sunda itu dilaporkan sebanyak 222 orang. (dct)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Kapolri: Wilayah Banten Terdampak Tsunami 200 Km dari Anyer – Sumur