Kembali Salip Brasil, Kasus Baru Covid RI Terbanyak di Dunia

Jumat, Juli 16th 2021. | Kesehatan, NASIONAL | Dibaca 444 Kali

Ilustrasi. Petugas tenaga kesehatan membawa pasien ke ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

JAKARTA (MS) — Indonesia kembali mencatatkan kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia pada Kamis (15/7).
Kasus positif virus corona di Indonesia bertambah 56.757, dan merupakan rekor terbaru.

Berdasarkan data statistik Worldometer, Brasil menempati urutan kedua negara dengan kasus harian Covid terbanyak yaitu 52.789 orang. Urutan ketiga ditempati Inggris dengan 48.553 kasus.

Sementara untuk kasus kematian baru, Indonesia ada di posisi kedua terbanyak dengan 982 jiwa. Brasil melaporkan harian terbanyak di dunia dengan 1.552 korban meninggal. Lalu posisi ketiga ditempati Rusia dengan 791 kematian.

Untuk penambahan pasien sembuh terbanyak juga di Brasil dengan 58556 orang. Kemudian India dengan 39.823 pasien sembuh, dan Rusia dengan 21.493 orang.

Indonesia terus mencatat kenaikan infeksi Covid-19 hingga terus mencetak rekor kasus tertinggi dalam beberapa hari berturut-turut.

Lonjakan kasus Covid ini membuat Indonesia mendapat julukan episentrum baru Covid-19 di Asia.

Associated Press dalam artikelnya “Indonesia reports 54,000 virus cases, becomes Asian hotspot” Rabu (14/7) melaporkan infeksi harian Indonesia melampaui India, yang kini penularannya mulai reda.

Satgas Covid-19 mengatakan varian Delta yang lebih mudah menular jadi penyebab lonjakan kasus terjadi di Indonesia.

Gelombang baru corona ini pun memicu tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) mencapai lebih dari 90 persen di sejumlah daerah dan menambah beban tenaga kesehatan yang kian terbatas.

Akibat lonjakan kasus Covid-19 dan varian Delta corona yang lebih menular terus menyebar, sejumlah negara pun membatasi hingga menutup perbatasan mereka bagi warga Indonesia.

Negara-negara tersebut yakni Singapura, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Oman, Negara Eropa, Hong Kong, Jepang, Bahrain dan Filipina juga Inggris.

Bahkan warga asing yang berada di Indonesia memutuskan pulang kembali ke negaranya. Tercatat warga Jepang dan Taiwan mulai pulang kembali ke negaranya menyusul lonjakan kasus corona di sini.

Sekitar hampir 100 pengusaha dan ekspatriat Taiwan di Indonesia dilaporkan telah memesan penerbangan pulang dengan pesawat carter atau sewaan akibat situasi Covid-19 yang memburuk di nusantara.(CNN Indonesia).

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For Kembali Salip Brasil, Kasus Baru Covid RI Terbanyak di Dunia