Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Akan Disahkan di Paripurna Besok

Jumat, Februari 18th 2022. | NASIONAL | Dibaca 470 Kali

Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochamad Afifuddin melambaikan tangan usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan di ruang sidang Komisi II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/2/2022). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, (mimbarsumut.con)– Sebanyak tujuh calon komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu terpilih hasil seleksi di DPR akan dibawa ke Paripurna untuk disahkan pada Jumat (18/2).
Para calon terpilih sebelumnya telah disahkan dalam rapat Pleno Komisi II DPR yang digelar pada Kamis (17/2) dini hari, setelah proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test selama tiga hari sejak 14 Februari lalu.

“Nanti diparipurnakan besok, setelah itu dilantik presiden,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (17/2).

Saan menuturkan, setelah disahkan di Paripurna, Presiden memiliki waktu sampai April atau hingga masa jabatan komisioner KPU dan Bawaslu sebelumnya habis.

Komisi II akan menggelar rapat dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) guna membahas kemungkinan percepatan masa jabatan mereka.

Rapat konsultasi itu dilakukan agar pembahasan soal Peraturan KPU maupun Peraturan Bawaslu terkait tahapan Pemilu 2024 bisa segera dilakukan.

“Kita ingin PKPU maupun Perbawaslu itu cepat kita setujui, agar tahapan baik persiapan dan mulai tahapan itu bisa kita lakukan,” katanya.

Sejumlah topik terkait tahapan Pemilu, kata Saan, saat ini mulai mengemuka, misalnya soal usulan waktu kampanye yang dipersingkat menjadi 90 hari, selain soal anggaran. Sementara itu, terkait Ketua KPU atau Bawaslu, dia menyebut kewenangannya berada di komisioner terpilih.

Menurut Saan, urutan hasil seleksi di DPR tak menjadi patokan untuk menunjuk ketua masing-masing lembaga. Penetapan ketua KPU maupun Bawaslu sepenuhnya menjadi kewenangan mereka usai dilantik.

“Jadi bukan berdasarkan urutan, mereka rundingan, mereka musyawarah untuk menentukan siapa ketua baik KPU maupun Bawaslu di internal mereka,” kata dia.

Komisioner KPU periode 2022-2027 yang dipilih DPR ada 7 orang, antara lain Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik serta August Mellaz.

Kemudian, 5 anggota Bawaslu periode 2022-2027 yang dipilih antara lain Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono serta Herwyn Jefler Hielsa Malonda.(CNN Indonesia).

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Akan Disahkan di Paripurna Besok