Owner Mimbarsumut.com Hadiri Puncak HPN 2022

Rabu, Februari 9th 2022. | Nusantara, RAGAM | Dibaca 918 Kali

Owner / Pemimpin Umum Mimbarsumut.com Ridwan Napitupulu SH bersama penanggungjawab / Pemred Drs Zulfan Kurniawan

KENDARI (mimbarsumut.com) – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022  dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dilaksanakan secara virtual, di halaman Masjid Al Alam, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu 9 Februari 2022.

Disela-sela acara puncak yang dihadiri Gubernur Sulawesi Tenggara, ketua Dewan Pers M. Nuh, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Duta Besar negara sahabat, dan undangan lainnya juga hadir petinggi mimbarsumut.com yakni Drs. Zulfan Kurniawan (Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab) dan Ridwan Napitupulu.SH (Pimpinan Umum/Pimpinan Perusahaan) dan juga bersama rombongan PWI Kota Tebingtinggi.

Zulfan Kurniawan mengatakan walaupun peringatan tahun ini tidak dihadiri langsung oleh Presiden RI, hanya secara virtual dari istana Kepresidenan Bogor beserta Ketua DPR dan sejumlah menteri dan lembaga tinggi negara lainnya.

Namun kehadiran wartawan dari seluruh tanah air di bumi Anoa ini, tidak putus semangat untuk hadir, bahkan ada yang rombongan membawa keluargannya, kata Zulfan.

Kami sangat bersyukur bisa menghadiri acara puncak ini, apalagi dihadiri banyak tamu dan undangan seperti Duta Besar (Dubes) asing yakni Rusia, Maroko, Singapura, Taiwan, Banglades, Malaysia, Uni Eropa, UAE dan Denmark.

Dan juga yang menjadi kebanggaan bagi kami ada  Insan Pers Sumut, yang  menerima Press Card Number One (Kartu Pers Nomor Satu) kepada Pemimpin Redaksi Harian Waspada H Prabudi Prameswara Said dan Pemimpin Umum Harian Analisa Supandi Kusuma.

“Artinya tokoh pers Sumut masih terus diperhitungkan masyarakat Pers Indonesia. Penghargaan itu berupa pin emas bertuliskan Press Card Number One (PCNO), kartu pers Nomor Satu dan sertifikat yang ditandatangani Penanggung Jawab HPN 2022 Atal S Depari dan Ketua Pelaksanaan Auri Jaya”, jelas Zulfan.

Mimbarsumut.com dalam mengutip sambutan Presiden RI Joko Widodo bahwa pers saat ini mengalami tekanan dan diperparah oleh disrupsi digital hingga hadirnya platform asing yang menggerus potensi ekonomi nasional.

“Muncul pula, sumber informasi yang semata mengejar views dan viral, hingga konten yang mengadu domba,” kata Jokowi seeprri dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (9/2).

Atas semua tantangan tersebut, Jokowi berharap media massa terus berubah menjadi lebih baik dan bertransformasi, semakin inovatif, dan memanfaatkan teknologi untuk mengakselerasi pertumbuhan yang sehat.

Hadirkan pemberitaan yang penuh dengan optimisme dan berita baik, mencerdaskan, dengan dilandasi integritas wartawan.

Mengakhiri sambutannya Jokowi menegaskan pemerintah segera mendorong penyelesaian regulasi untuk menciptakan iklim industri dan persaingan pers yang sehat.

“Saya akan mendorong terus setelah nanti pilihan sudah ditentukan,” ungkap Jokowi, yang dikutip mimbarsumut.com.

Peringatan HPN 2022 di Kendari

Sementara Kerua PWI Pusat Atal S Depari di halaman Masjid Al Alam, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengatakan Indonesia tidak boleh dibiarkan menjadi objek eksploitasi para raksasa digital global.

Menurut Atal, hal ini harus menjadi perhatian semua pemangku kepentingan seperti pemerintah, anggota DPR, pebisni, akademisi, dan akademisi.

Dengan begitu, Indonesia bisa menempatkan diri dengan baik pada peta digitalisasi global untuk kepentingan nasional.

Disrupsi digital melahirkan tantangan bagi media massa untuk menghadirkan jurnalisme berkualitas.

Kemajuan teknologi  saat ini dinilai membuat jurnalisme berubah karena karya jurnalistik tidak lagi cukup dihadirkan melalui tulisan, tetapi juga dengan gambar, statistik, dan item lainnya.

Untuk itu, wartawan harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi agar bisa multitasking, kata Atal.

Seperti diketahui, Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Adapun puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 digelar di Masjid AlAlam Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (9/2) pagi, yang dangkaian acara demi acara dilaksanakan mulai 6 – 10 Februari 2022.

Sedang Opening ceremony secara daring dibuka Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin. Konvensi dan seminar, Senin (07/02/2022) di Ballroom Hotel Claro.

Adapun jadwal acara selengkapnya HPN 2022 di Kota Kendari, Sultra, sebagai berikut, Pameran Potensi Daerah, UMKM, Ekraf, Pers, Festival Kuliner dan Baksos Pembagian Sembako.

Pembukaan Konvensi & Seminar
di Phinis Ballroom Hotel Claro (Hybrid). Seminar Nasional Pariwisata “Desa Wisata Bahari, Pelopor Kebangkitan Pariwisata Sultra” di Phinis Ballroom Hotel Claro (Hybrid), Seminar Nasional Energi ”Transisi Energi di Era Teknologi Baru dan Perubahan Iklim”, ”Revisi UU Minerba No 3/2020 dan Peran, Kewenangan & Hak Pemda”.

Semua kegiatan HPN dilakukan dengan tetap mematuhi Prokes COVID secara ketat.

Laporan : Red

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , , ,

Related For Owner Mimbarsumut.com Hadiri Puncak HPN 2022