Pantai Marunda Dipenuhi Sampah, Anies: Dibersihkan Terus

Rabu, Desember 12th 2018. | Nusantara, RAGAM | Dibaca 561 Kali

Foto: Sampah di Pantai Marunda. (Eva-detikcom)

JAKARTA (MS) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah meminta jajarannya membersihkan Pantai Marunda yang dipenuhi sampah. Anies mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Dibersihkan terus, itu kan dibersihkannya di muara ya. Tantangan kita memang adalah bagaimana kita tidak membuang sampah di sungai. Jangan tempatkan sungai itu sebagai tempat sampah,” kata Anies di Hotel Grand Cempaka, Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Rabu, (12/12/2018).

Anies mengatakan pencegahan untuk menjaga pantai jauh dari sampah adalah dengan menghentikan budaya membuang sampah ke sungai. Menurutnya, sampah dari sungai menjadi salah satu sebab menumpuknya sampah di pantai.

“Justru pencegahannya adalah jangan sampai sampah sampe ke sungai, karena kalau sudah sampai ke sungai, maka potensi sampai ke muara menjadi semakin besar,” jelas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan tengah mengkaji solusi untuk mencegah sampah dari sungai terbawa ke laut. Salah satunya dengan membuat saringan sampah yang ditargetkan selesai pada 2019.

“Ketika sampai ke sungai ada penyaring-penyaring bertahap di sungai sehingga tidak terjadi akumulasi. Itu insyaallah 2019 akan dilakukan, termasuk menyaring sampah sebelum masuk ke Jakarta,” jelas Anies.

Sebelumnya, sampah menumpuk di Pantai Marunda, Jakarta Utara saat dilihat detikcom pada Selasa (11/12). Lokasi tumpukan berada di belakang rusun Marunda Blok A, Jakarta Utara. Sampah terletak di area rawa yang ditumbuhi pohon bakau. (dct)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Pantai Marunda Dipenuhi Sampah, Anies: Dibersihkan Terus