Rekam Jejak Mayjen Maruli Simanjuntak, Sosok Pangkostrad Baru

Senin, Januari 31st 2022. | Nusantara, RAGAM | Dibaca 787 Kali

Mayjen Maruli Simanjuntak saat menjalankan tugas sebagai Pangdam IX / Udayana. (Dok. Istimewa)

JAKARTA (mimbarsumut.com) – Panglima TNI Andika Perkasa menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak M.Sc. menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) berdasarkan Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI bernomor 66/I/2022. Surat Keputusan tersebut resmi ditandatangani Andika Perkasa pada Jumat (21/1) malam.

Maruli Simanjuntak ditunjuk menjadi Pangkostrad untuk menggantikan Dudung Abdurachman yang beralih tugas menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Maruli Simajuntak sebagai Pangkostrad baru akan dilantik, hari ini Senin (31/1) di Jakarta.

Maruli Simanjuntak dikenal sebagai sosok yang kaya dengan prestasi. Tak hanya di dunia kemiliteran, tapi juga di non kemiliteran yang membuatnya dekat dengan masyarakat.

Sebelumnya, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Pangdam IX / Udayana. Bersama Kodim setempat, Kodam IX / Udayana yang ia pimpin tersebut berhasil membangunkan 600 lebih hektare lahan tidur di Desa Sillu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan pengadaan akses air bersih yang dibuka untuk kebutuhan harian masyarakat dan untuk keperluan perkebunan, serta mengedukasi dengan ilmu pertanian, berhasil menunjang kesejahteraan warga di desa tersebut.

Saat menjadi Danrem 074/Warastratama di Surakarta pada tahun 2016 – 2017, Maruli Simanjuntak yang saat itu berpangkat Kolonel Infanteri pernah membawa Satuan Korem yang dipimpinnya tersebut meraih penghargaan sebagai Danrem Terbaik. Penghargaan tersebut diberikan dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2016.

Maruli Simanjuntak tak hanya berprestasi dalam menjalankan tugas kemiliterannya, ia juga berhasil mengukir tinta emas di keolahragaan, khususnya di bela diri Judo. Saat masih Perwira Pertama (Pama) tersebut ia berprestasi sebagai Atlet Judo Tingkat Nasional dan Internasional.

Karir kemiliteran Maruli Simanjuntak sebagian besar sebagai Satuan Tempur sebagai Pasukan Khusus TNI AD. Berbagai prestasi lainnya juga telah ditorehkan oleh Maruli Simanjuntak yang membuatnya layak untuk memangku jabatan sebagai Pangkostrad.

Laporan : Muhammad Fadhli

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Rekam Jejak Mayjen Maruli Simanjuntak, Sosok Pangkostrad Baru