Pelatih Laos Turut Komentari Nasib Sial Timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2022

NASIONALDibaca 576 Kali
Pelatih Timnas Laos, Hans Michael Weiss. (Sumber: instagram.com/lff_official)

JAKARTA (mimbarsumut.com)  – Pelatih Laos Hans Weiss turut mengomentasi nasib sial Timnas U19 Indonesia yang gagal lolos ke semifinal piala aff u19 2022.

Timnas U19 tersingkir dari Piala AFF U19 2022 secara pahit. Mereka menempati peringkat 3 klasemen Grup A dengan koleksi 11 poin, sama seperti raihan poin milik dua peringkat teratas, Vietnam dan Thailand.

Poin-poin tersebut didapatkan Garuda Muda dari tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Bahkan, sepanjang lima pertandingan, Indonesia menjadi tim paling produktif dengan 17 gol dan baru kebobolan 2 kali.

Akan tetapi, AFF memang menerapkan aturan head to head jika ada tiga tim dalam satu grup memiliki koleksi poin yang sama. Indonesia sendiri hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra Vietnam dan Thailand.

Kegagalan Indonesia lolos ke semifinal ini juga memunculkan dugaan match fixing.

Pasalnya, pada matchday terakhir, Indonesia hanya perlu menang dengan skor berapa pun lawan Myanmar dan berharap duel Vietnam vs Thailand ada pemenangnya.

Pada akhirnya, Indonesia menang 5-1 atas Myanmar, tetapi Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1. Hasil sama kuat itu memang mengamankan posisi Vietnam dan Thailand.

Hans Weiss menganggap protes Indonesia yang mengarah ke dugaan match fixing terlalu berlebihan. Menurutnya, regulasi tetaplah harus dihormati.

“Itu pasti menyedihkan untuk Timnas U19 Indonesia (tersingkir dari Piala AFF U19 2022). Namun, aturan tetap aturan. Anda tidak bisa bilang itu mafia,” papar Hans Weiss, dikutip dari Bolasport.com.

“Aturan tetaplah aturan. Mereka (Timnas U19 Indonesia) tidak beruntung,” sambungnya.

Adapun, pelatih Timnas Laos asal Jerman itu sejatinya juga tidak menyukai regulasi head to head yang diterapkan oleh AFF.

Namun, Hans Weiss juga menegaskan kepada Timnas U19 Indonesia untuk sadar aturan tersebut sudah ada sebelum kompetisi digulirkan.

“Saya sebetulnya lebih menyukai aturan lain. Sebab, jika mereka (timnas U19 Indonesia) mencetak banyak gol, mereka seharusnya lolos,” imbuh pelatih berusia 57 tahun..

“Di sisi lain, dengan aturan ini (head to head) mereka (timnas U19 Indonesia) jadi harus mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam.”

“Jadi, ini hanya masalah keberuntungan. Meski demikian, masa depan mereka (timnas U19 Indonesia) cerah,” tandasnya.

Timnas Laos arahan Hans Weiss sendiri sukses melangkah ke babak semifinal Piala AFF U19 2022. Secara impresif, Laos menjadi juara Grup B, mengungguli runner up Malaysia.

Pada semifinal nanti, Laos akan berjumpa runner up Grup A, Thailand. Laga Laos vs Thailand sendiri dijadwalkan bergulir pada Rabu (13/7/2022) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.(KOMPAS.TV).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed