Sri Mulyani Soroti Minimnya Polwan di Tubuh Polri

Sabtu, November 13th 2021. | NASIONAL | Dibaca 473 Kali

Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan jumlah polwan di instansi Polri hanya 5 persen. Padahal, di negara lain, rata-rata jumlah polisi wanita lebih dari 10 persen. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

JAKARTA (MS) — Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan satuan kepolisian terbesar kedua di dunia setelah China dengan jumlah personil hingga 450 ribu orang. Namun demikian, jumlah polisi wanita (polwan) masih sangat minim dibandingkan polisi laki-laki.

“Namun hanya sekitar 5 persen anggotanya yang perempuan, sementara di negara lain rata-rata jumlah polisi wanitanya lebih dari 10 persen,” kata Sri Mulyani dalam unggahan Instagram @smindrawati, Kamis (11/11).

Ia juga menyoroti jumlah wanita yang masih sedikit menduduki posisi pimpinan di kepolisian. Untuk itu ia berharap ke depan kesetaraan gender di kepolisian dapat ditingkatkan.

Menurutnya, kehadiran polisi wanita tidak hanya memberikan kesetaraan gender di lingkungan kepolisian, tetapi juga menciptakan ekosistem yang aman dan menjamin perlindungan bagi wanita.

Pasalnya, dalam kasus kekerasan terhadap wanita, polisi wanita dinilai dapat membuat korban lebih aman dan percaya terhadap penegakan hukum.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), satu dari tiga wanita di dunia pernah menjadi korban kekerasan setidaknya satu kali dalam seumur hidup. Parahnya, kurang dari 40 persennya mencari pertolongan atas kekerasan yang dialami.

Data Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN) juga mengatakan wanita yang tinggal di daerah berpenghasilan rendah lebih berisiko mengalami kekerasan. Perempuan yang kurang berdaya dinilai lebih rentan menjadi korban kekerasan.

“Oleh karena itu, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sangat penting dalam memperkuat perekonomian nasional dan kesejahteraan bersama,” tutupnya.

Lebih lanjut, ia mengklaim pemerintah terus mendukung kesetaraan gender melalui kebijakan yang dikeluarkan, khususnya kebijakan fiskal.

Sebelumnya, Sri Mulyani sendiri baru saja menghadiri The 58th Annual International Association of Women Police (IAWP) Training Conference. Ia merasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari acara tersebut, terlebih Indonesia menjadi tuan rumahnya.(CNN Indonesia).

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For Sri Mulyani Soroti Minimnya Polwan di Tubuh Polri