Tips Main Catur untuk Pemula ala Dewa Kipas

NASIONAL, SPORT4 Dibaca
Dewa Kipas menang atas Dewa United. (CNN Indonesia/Huyogo)

JAKARTA (MS) — Dadang Subur alias Dewa Kipas mengaku memiliki cara sendiri dalam melatih dirinya agar lihai bermain catur.

Ia membagikan tips tersebut kepada CNNIndonesia.com usai menang tanding catur dengan Dewa United di Highgrounds, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Selasa (23/3). Cara tersebut cocok bagi pemula yang mulai atau tengah menggeluti permainan catur.

Aspek pertama menurut Dewa Kipas, belajar catur itu harus tekun karena membutuhkan waktu yang tidak singkat.

“Kalau catur itu prinsipnya enggak instan,” ucap Dadang.

Pertama, kata Dadang, dari pengalamannya, orang yang ingin belajar catur harus mulai memahami teori-teorinya terlebih dahulu.

“Saya sejak SMP main catur, baca buku terus. Sampai saya masuk klub ganesha ITB juga,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, harus mengerti setiap strategi. Sebab, strategi dalam catur itu banyak.

Dadang menjelaskan setiap strategi harus dipahami secara menyeluruh. Dengan begitu, ketika bermain thau strategi mana yang harus dipakai.

“Strategi. Satu strategi harus benar-benar hafal. Bangunannya harus solid, jangan ngawur. Semacam ada lima jawaban, pilih yang terakurat,” jelas Dadang.

Paham setiap strategi menurut Dadang penting, apalagi jika diaplikasikan dalam permainan partai, permainan catur yang membutuhkan durasi waktu lama.

“Iya kalau dalam partai begitu. Kecuali kalau dalam pemainan singkat, salah saja bisa menang. Nah, saya enggak bisa yang pendek. Intinya, harus hafal bangunannya,” ucap dia.

Terakhir, kata Dewa Kipas, bermain catur itu harus sabar dan tenang.

“Main catur itu karakter, apakah dia tahan dengan emosional? Apakah sabar? Harus banyak berlatih dan hafalan,” tuturnya.(CNN Indonesia).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed