Menteri ESDM Resmikan BBM 1 Harga di Nias Utara dan Nias Selatan

Jumat, Desember 7th 2018. | Uncategorized | Dibaca 628 Kali
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Ignasius Jonan, meresmikan 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) penyalur bahan bakar minyak (BBM) 1 harga di Kepulauan Nias, Kamis (6/12).

NIAS (MS) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Ignasius Jonan, meresmikan 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) penyalur bahan bakar minyak (BBM) 1 harga di Kepulauan Nias, Kamis (6/12).

Kedua SPBU tersebut yakni SPBU Kompak 16.228.521 di Kecamatan Sitolu Ori, Kabupaten Nias Utara dan SPBU Kompak 16.228.810 di Kecamatan Hibala, Kabupaten Nias Selatan. Kedua SPBU tersebut merupakan penyalur BBM 1 harga ke 47 dan 48 yang diresmikan Pertamina tahun 2018.

Selain meresmikan kedua SPBU, Menteri ESDM dan jajarannya juga membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Konversi Minyak Tanah (Mitan) ke LPG 3kg di Pulau Nias.

Konversi mitan ke LPG 3 kg dilakukan Pertamina melalui mitra PT Kogas Driyap Konsultan. Pada Desember 2018, direncanakan akan didistribusikan sebanyak 21.859 paket perdana di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Ignasius Jonan dalam sambutannya mengatakan, peresmian BBM 1 harga ini merupakan realisasi komitmen Pemerintah dan Pertamina untuk menyediakan BBM dengan harga sama seperti wilayah lain di Indonesia.

“Program BBM Satu Harga merupakan visi Pemerintah untuk mewujudkan keadilan suplai energi bagi masyarakat Indonesia. Kami sangat mengapresiasi Pertamina yang sudah menjalankan mandat ini dengan sangat baik dan berkomitmen untuk mencapai target BBM 1 harga 2018 di 67 titik sebelum akhir Desember 2018,” ujarnya.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid menambahkan, Pertamina terus meningkatkan pelayanan di Nias. Tak hanya melalui program BBM satu harga, namun dalam waktu dekat akan memulai pembangunan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di sekitar Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Nias.

“Pada 31 Desember 2018, seluruh penugasan negara yang diberikan kepada Pertamina yakni program BBM satu harga dan konversi mitan akan selesai. Ini merupakan kebanggaan bagi kami, Pertamina,” ungkap Mas’ud.

Dijelaskan, SPBU Kompak 16.228.810 di Distrik Hibala – Kabupaten Nias Selatan akan menerima suplai BBM dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Gunung Sitoli. Distribusi dari TBBM Gunung Sitoli ke SPBU Kompak 16.228.521 memakan waktu lebih dari 2 jam dengan moda perjalanan darat (sekitar 95 kilometer), atau lebih dari 6 jam apabila ditempuh melalui jalan laut (sejauh 64,3 kilometer).

Di SPBU ini akan disediakan BBM jenis Premium dan Solar. “Sebelum dilakukan program ini, harga premium di Distrik Sitolu Ori mencapai Rp 12.000 per liter. Sedangkan, Biosolar Rp 9.000 per liter.

Saat ini, masyarakat Distrik Sitolu Ori bisa menikmati harga premium Rp 6.450 dan Rp 5.150 untuk solar,” jelasnya.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Melalui Kementrian ESDM karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak dengan harga sama seluruh Indonesaia. “Pemerintah Kabupaten Nias Utara sangat mendukung proram BBM satu harga,” cetusnya.

Hadir dalam peresmian itu, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu; Bupati Kabupaten Nias Utara Marselinus Ingati Nazara, Wakil Bupati HS. Hulu berserta instansi lainnya. (SM)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Menteri ESDM Resmikan BBM 1 Harga di Nias Utara dan Nias Selatan