Dua Warga Sipoholon Taput Positif COVID-19, Bupati Nikson: PSBB Harus Segera Diterapkan

Kamis, April 16th 2020. | Kesehatan, Tapanuli Utara | Dibaca 11.052 Kali

Positof COVID – 19

TAPANULI UTARA (MS) – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengungkapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seharusnya sudah diajukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk kemudian segera diterapkan menyusul dua warganya dinyatakan positif terinfeksi melalui tes cepat atau rapid test.

“Dengan situasi ini, kita kembali memohon kepada Gubernur Sumatera Utara untuk segera mengusulkan penerapan PSBB di Sumut kepada Pemerintah Pusat,” ujar Bupati Nikson, Rabu (15/4).

Dikatakannya, langkah tersebut harus ditempuh demi memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 yang telah terlanjur mewabah di wilayah Sumut.

“Sebenarnya, kita juga tidak ingin mendahului hasil swab tes yang memastikan seseorang positif atau tidak. Namun, meski belum pasti, hasil rapid test tidak mungkin diabaikan begitu saja,” jelasnya.

Pasca dua warganya diketahui positif melalui rapid test, yakni seorang wanita berusia 60 tahun dan tenaga medis berusia 45 yang menangani wanita itu di Puskesmas, Bupati Nikson menyatakan akan memperketat pencegahan penyebaran COVID-19.

“Mulai malam ini setiap kerumunan pasti akan dibubarkan, baik itu di warung atau tempat lainnya. Khusus untuk lokasi pasar dan kegiatan jual beli sembako, kita akan menerapkan kewajiban penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan langkah lainnya,” terangnya.

Selanjutnya, kata Nikson, saat status kedua pasien positif rapid test tersebut juga dinyatakan positif berdasarkan swab tes, maka langkah pengetatan upaya pencegahan penyebaran akan diterapkan.

“Saat itu, setiap kontak si pasien akan diisolasi oleh rumah sakit, tidak boleh lagi isolasi mandiri. Tidak hanya itu, kita juga akan melaksanakan tes massal untuk wilayah perkotaan demi upaya memutus rantai penyebarannnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, dua warga Taput dinyatakan positif melalui rapid test, satu dirujuk ke RSU Pirngadi Medan, dan seorang lagi masih diisolasi di RSUD Tarutung. (ant)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Dua Warga Sipoholon Taput Positif COVID-19, Bupati Nikson: PSBB Harus Segera Diterapkan