Babinsa Koramil 07 / Sosopan Patroli Pengendalian Karhutla

Kamis, Januari 31st 2019. | Paluta, RAGAM | Dibaca 19,432 Kali

Patroli karhutla

PALUTA (MS) – Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Babinsa Koramil 07/Sosopan melakukan patroli pengendalian Karhutla di wilayah teritorialnya, Kamis (31/01).

Patroli ini dilaksanakan baik di daerah yang rawan kebakaran maupun tidak rawan kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan patroli menggunakan sepeda motor roda dua yang bertujuan agar lebih leluasa sampai ke pelosok desa.

Tak bosan-bosannya, Babinsa 07/Sosopan juga menyampaikan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar agar tidak membakar lahan secara sembarangan.

Karena apabila masyarakat sengaja membakar lahan, maka akan ada sanksi hukum yang berlaku bagi masyarakat yang membakar hutan dan lahan.

Kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat desa menuju Masyarakat Bebas Api.

Danramil 07/Sosopan Kapten Inf Syafaruddin Hasibuan selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil 07/Sosopan khususnya di titik-titik tertentu yang rawan dengan kebakaran.

“Patroli dilakukan secara terus menerus dan melakukan sosialisasi kepada warga,” terangnya kepada wartawan.

Perintah untuk melaksanakan patroli ke setiap wilayah terkait Karhutla sudah dilakukan setiap hari. Bahkan Babinsa sebagai petugas terdepan wajib melaporkan terkait adanya titik api di desa binaannya kepada Danramil.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat, jangan ada lagi yang melakukan pembakaran lahan,” tukas Danramil.

Danramil menambahkan bahwa kebakaran hutan merupakan fenomena alam yang sering terjadi di alam liar yang jauh dari pemukiman.

Di wilayah teritorial Koramil 07/Sosopan, kebakaran hutan adalah sumber permasalahan yang cukup memberi dampak besar karena dapat mengganggu kestabilan lingkungan dan kehidupan flora dan fauna, di samping dampak lingkungan tersebut.

Danramil juga menjelaskan kebakaran hutan juga menjadi arahan oleh Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf Akbar N Yusananto S.Ip kepada para Danramil karena wilayah teritorial Kodim 0212/TS dikelilingi hutan bukit barisan dan ini sudah menjadi sorotan nasional yang harus segera ditindaklanjuti.

Ada banyak penyebab dari kebakaran hutan dan lahan, baik dari faktor alam maupun karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, Untuk itu Danramil memerintahkan Babinsanya untuk selalu siaga dalam penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan

Dengan digelarnya patroli bersama dengan Dinas Kehutanan Manggala Agni wilayah teritorial Koramil 07/Sosopan, Danramil berharap kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada petugas apabila terjadi kebakaran.

“Dan masyarakat bisa berperan dengan ikut mengawasi sekaligus memantau titik rawan kebakaran hutan dan mewaspadai apabila ada warga yang membuka lahan perkebunan dengan cara membakar lahan tersebut yang bisa menimbulkan kebakaran besar,” katanya.

Babinsa yang melaksanakan patroli itu melaporkan kepada Danramil bahwa patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan telah dilaksanakan dalam keadaan aman dan lancar.

Laporan : Iwansumadi

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Babinsa Koramil 07 / Sosopan Patroli Pengendalian Karhutla