Jembatan Putus di Tapael, Truk Kecebur ke Sungai dan Warga Dua Desa Terisolasi

Kamis, Januari 17th 2019. | RAGAM, Tapanuli Selatan | Dibaca 8,638 Kali

TAPSEL (MS) – Jembatan induk yang menghubungkan Desa Aek Natas dengan

Jembatan putus, truk kecebur ke sungai. (Foto : MS / Iwan Sumadi)

Desa Dolok Sordang Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ambruk dan putus total.

Peristiwa itu terjadi Rabu (16/01) malam, sekitar pukul 22.30 WIB. Demikian dikatakan Camat Kecamatan Angkola Selatan, Zamhir kepada wartawan.

Zamhir menjelaskan, ambruknya jembatan tersebut, pada saat truck colt diesel BA 8515 PU tengah melintas di atas jembatan yang berdiameter sekitar 10 – 15 meter.

Camat menduga ambruknya jembatan berlantai papan dengan galangan besi, diduga kondisinya sudah tidak kuat akibat termakan usia (lapuk).

“Mobil colt diesel tersebut ikut juga tercebur ke sungai dengan reruntuhan material jembatan,” ujar Camat.

Ambruknya jembatan itu, mengakibatkan ratusan kepala keluarga, sekitar 2000 jiwa penduduk yang tinggal di dua desa itu terisolir.

“Seluruh kendaraan baik menuju maupun dari dua desa ini sudah tidak bisa melintas (putus total). Perekonomian masyarakat dan anak – anak sekolah juga menjadi terganggu,” jelasnya.

Sementara pihak kecamatan sudah melaporkan kejadian tersebut ke Kabupaten. “Mudah-mudahan cepat ada solusi sebagaimana harapan masyarakat,” katanya.

Mendengar kabar tersebut Bupati Tapanuli Selatan, H Syahrul M Pasaribu SH langsung sigap turun ke lokasi untuk meninjau jembatan yang ambruk.

Bupati memerintahkan dinas terkait agar sesegera mungkin memperbaiki jembatan tersebut, sehingga dapat difungsikan kembali dan masyarakat bisa beraktivitas sebagaimana biasanya.

Selain itu masyarakat juga tengah bergotong – royong membuat jalur alternatif dengan tujuan jalan bisa dilintasi minimal pejalan kaki, mengingat arus sungai di sana (sungai Aek Batang Salai) tergolong deras.

Dari informasi yang dihimpun hingga sampai berita ini dilansir, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Laporan : Iwan Sumadi

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Jembatan Putus di Tapael, Truk Kecebur ke Sungai dan Warga Dua Desa Terisolasi