KPPN Gunung Sitoli Evaluasi Dana Desa dan DAK Nias Selatan Tahun 2021

Jumat, Desember 17th 2021. | Kepulauan Nias, RAGAM | Dibaca 1.933 Kali

Bupati Nisel diabadikan bersama Kepala Kantor KPPN Gunung Sitoli dan staf

TELUK DALAM (MS) – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH MH sangat berterima kasih atas kunjungan KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ) Gunung Sitoli (Gusit), Kamis (16/12/2021) di Baga Hotel – Lagundri.

Kepala Kantor KPPN Gunung Sitoli Jekson Sunario Panjaitan, mengatakan kedatangan mereka bertujuan untuk mengevaluasi atas pencapaian serapan anggaran dana Desa dan DAK tahun 2021, di masing – masing Desa dan OPD Kabupaten Nias Selatan baik pada tahap pertama, kedua dan ketiga yang masih ada beberapa belum terealisasi 100 % penggunaannya.

Dijelaskannya, bahwa hasil evaluasi dana Desa dan DAK terkait batas penggunaan Dana Desa tahap pertama, kedua, dan ketiga semakin terbatas, dihimbau seluruh OPD dan masing-masing Desa yang memiliki kewenangan penggunaan dana tersebut agar segera ditindaklanjuti secepatnya sebelum tanggal 20 Desember 2021,

Apapun yang menjadi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penggunaan dana tersebut, segera berkoordinasi kepada BPKAD Kabupaten Nias Selatan dan pihak KPPN melalui aplilasi online KPPN Gunung Sitoli yang telah tersedia, sehingga kendala yang ada dapat secepatnya terselesaikan ,” ucap Jekson S.Panjaitan.

KPPN Gunung Sitoli bersedia membantu Pemda Nisel (Nias Selatan) memberikan pemahaman tentang dana Desa dan DAK, sehingga tidak ditemukan lagi Kepala Desa maupun Kepala OPD yang merasa bahwa pencairan dana Desa dan DAK bukan untuk pribadi sendiri melainkan milik umum yang harus terealisasi sebanyak 100 %, ucap Jekson.

Menanggapi hal tersebut Bupati Nisel, dr.Hilarius Duha, mengimbau kepada seluruh Kepala Desa dan Kepala OPD yang ada di wilayah Kabupaten Nias Selatan, agar segala kendala yang dihadapi pada penggunaan dana Desa dan DAK yang tersedia dapat bekerjasama dengan Kepala BPKAD dan Inspektorat Kabupaten Nias Selatan, dan merasa apresiasi atas evaluasi yang dijelaskan oleh KPPN Gusit tersebut.

“Apabila kendala tersebut tidak dapat diselesaikan dengan baik, maka seluruh Kepala Desa dan Kepala OPD lebih teliti dalam penggunaan Dana Desa dan DAK, sehingga menjadi pembelajaran kepada masing-masing Kepala Desa dan Kepala OPD agar tidak terulang kembali kendala,” harap Bupati.

Evaluasi tersebut ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan antara Pemerintah Daerah dengan KPPN Gunung Sitoli atas pencapaian penyaluran BLT yang baik sekaligus salah satu Kabupaten yang memiliki Desa terbanyak di Kabupaten Nias Selatan.

Laporan : Duha

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For KPPN Gunung Sitoli Evaluasi Dana Desa dan DAK Nias Selatan Tahun 2021