Sosialisasi Perda Sumatera Utara No.3 Tahun 2019, Edi Susanto Ritonga : Berikan Pendidikan Dasar Moral kepada Anak

Rabu, Juni 30th 2021. | Labura, RAGAM | Dibaca 1.983 Kali

Edi Susanto Ritonga memberikan sosialisasi Perda Sumatera Utara No.3 tahun 2019 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Kekerasan, Selasa (29/6/2021).

LABURA (MS) – Pendidikan anak tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru. Orang tua juga berperan memberikan pendidikan kepada anak, yaitu pendidikan dasar moral keluarga.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Sumatera Utara, Edi Susanto Ritonga, ST menjawab peserta yang hadir saat melakukan sosialisasi Perda Sumatera Utara No.3 tahun 2019 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Kekerasan, Selasa (29/6/2021) di Wonosari Lingkungan III, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Edi mempersentasekan tanggung jawab guru mendidik anak sebesar empat puluh persen, selebihnya menjadi tanggung jawab orang tua.

“Enam puluh persen mendidik anak menjadi milik orang tua. Karena, disana ada tingkat pendidikan moral anak yang harus ditanamkan kepada anak di rumah. Pendidikan moral untuk tidak melawan guru, misalnya,” ujar legislator dari Partai Hanura Dapil Sumut VI itu menjawab peserta sosialisasi terkait ditemukannya kasus pemidanaan guru oleh orang tua, akibat upaya pendisiplinan guru terhadap murid.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Utara itu menyampaikan pentingnya sosialisasi Perda Sumatera Utara No.3 tahun 2019 untuk melindungi anak dari kekerasan, penyiksaan, penganiayaan, serta hak untuk mendapat bantuan hukum. Karena itu, Edi mengajak masyarakat mengambil peran terhadap perlindungan anak.

“Sekarang pemerintah melarang kekerasan terhadap anak. Kalau dulu orang tua masih bisa memukul anak di rumah, namun sekarang pemerintah telah membuat peraturan untuk melindungi anak,” ujar Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumatera Utara itu.

Diakhir kegiatan Edi mengajak peserta yang hadir menyebarluaskan Perda tersebut. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Sebelumnya, narasumber Jaka Fernando Simarmata menjelaskan tujuan perlindungan anak untuk menjamin terpenuhinya hak anak agar dapat hidup, berkembang.

“Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara,” ujar Jaka.

Laporan: Richard Silaban

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Sosialisasi Perda Sumatera Utara No.3 Tahun 2019, Edi Susanto Ritonga : Berikan Pendidikan Dasar Moral kepada Anak