Taput Akan Gelar Pilkades, Polres Lakukan Pemetaan Desa Rawan, Terjunkan 344 Personil Pengamanan

Jumat, November 19th 2021. | RAGAM, Tapanuli Utara | Dibaca 2.555 Kali

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung saat memaparkan peta desa rawan Pilkades Taput

TAPUT (MS) – Tapanuli Utara akan menggelar Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Ada 200 desa yang akan menggelar Pilkades serentak dan Polres Taput akan menerjunkan 344 personil untuk pengamanan.

Demikian disampaikan Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung kepada Wartawan saat melaksanakan Tactical Floor Game(TFG) di Mapolres Taput, Kamis (18/11/2021).

Disebutkan, dari 200 Desa yang akan mengadakan Pilkades serentak, puluhan desa masuk pada wilayah rawan terjadi konflik.

“Desa kurang rawan ada 126 desa, rawan 59 desa dan sangat rawan 15 desa. Untuk desa yang kurang rawan, ditempatkan 1 personil / 1 desa.

Sementara untuk yang rawan, 1 personil per TPS, dan sangat rawan ada dua personil di satu TPS ,” papar Kapolres.

Ada 15 desa yang disebut sangat rawan pada Pilkades Taput, setelah melihat kondisi dan suhu politik serta letak geografis desa tersebut, jauh dari kecamatan dan sulitnya transportasi.

Untuk menghindari terjadi konflik saat melaksanakan Pilkades serentak, sebanyak 344 personil kepolisian akan diterjunkan ke lokasi untuk mengamankan jalannya jalanya Pilkades serentak.

“344 personel ini merupakan anggota kita sendiri, ditambah BKO dari Brimob Polda Sumut 30 personel dan 30 personel Polda Sumut. Uraian tugas dari seluruh personel yang terlibat langsung PAM TPS sebanyak 204 personel, sedangkan sisanya sebagai Pamatwil, Satgas PAM Pilkades Dalmas dan standby”, jelas AKBP Ronald.

Dijatakan lagi, sistem pengamanan sudah diatur dengan tiga pola yaitu kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Artinya, penerapan ketiga pola ini ada dari suhu politik di desa dan ada juga dari letak geografis.

Lebih lanjut disampaikan, TFG yang dilaksanakan ini merupakan season penting. Karena ini suatu simulasi pergerakan anggota apabila ada nantinya gangguan dan hambatan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Selain pengamanan Pilkades, lanjutnya, personel di lapangan nantinya juga tetap berperan aktif untuk pengawasan protokol kesehatan saat pemilihan.

“Pada kesempatan ini, saya menghimbau seluruh masyarakat Taput, khususnya yang melaksanakan Pilkades untuk menjaga keamanan, kenyamanan berlangsungnya Pilkades ini dengan tertib dan lancar,”pinta Kapolres.

Laporan : Sofian Candra Lase

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Taput Akan Gelar Pilkades, Polres Lakukan Pemetaan Desa Rawan, Terjunkan 344 Personil Pengamanan