Polres Bersama Pemkab Dan TNI Bertekat Wujudkan Kab. Batubara PPKM Level 1

Sabtu, Oktober 23rd 2021. | Batubara, Kesehatan, RAGAM | Dibaca 494 Kali

Kadis Kesehatan Kabupaten Batubara drg Wahid Khusyairi

FEATURE

Polres Bersama Pemkab Dan TNI Bertekat Wujudkan Kab. Batubara PPKM Level 1

Keberhasilan menjadikan Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari PPKM level 3 menjadi level 2, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama Polres Batubara, Pemerintah Kabupaten Batubara dan TNI serta instansi terkait

Sejak merebaknya pandemi COVID-19 selama 18 bulan lebih telah berdampak kepada sendi – sendi kehidupan bagi sebahagian besar orang. Mulai dari segi kesehatan banyaknya masyarakat yang terpapar penyakit mematikan itu dan harus dirawat dan banyak yang meninggal dunia.

Musibah ini telah membuat jumlah anak yatim/piatu bertambah drastis.
Begitu juga dengan perekonomian, banyak usaha yang terdampak dan gulung tikar mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran.

Namun ditengah pamdemi COVID-19 banyak juga yang malah berhasil menciptakan usaha baru dan mampu berikan lapangan kerja bagi yang membutuhkan dan berbagi rejeki untuk sesama. Begitu juga dengan bidang pendidikan. Sekolah semua tingkatan sempat ditutup dan diganti dengan belajaran jarak jauh, warung yang ada di sekolah praktis tutup

Kini setelah status Kabupaten Batubara PPKM Level 2, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah semua tingkatan mulai digelar. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Berhasil tidaknya pelaksanaan PTM terbatas sangat tergantung pada komitmen mahasiswa /pelajar untuk saling menjaga dan melindungi melalui kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini, pada hari kerja khususnya pada jam – jam sibuk jalinsum Indrapura-Limapuluh – Kisaran yang sebelumnya sempat lenggang kini padat dilintasi sepeda motor khususnya pelajar pada pagi dan siang usai jam pelajaran. Namun warung di semua sekolah belum boleh dibuka.

Geliat ekonomi mulai terlihat, cafe ,warung, usaha kuliner dari segala merek mulai aktif kembali. Begitu juga tempat hiburan sudah beroperasi meski tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Meski Kabupaten Batubara PPKM level 2, kita tidak boleh lengah dan tetap waspada tentunya dengan menjaga kesehatan, hidup sehat dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobiilitas,” ujar Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH pada saat memberikan paket sembako dan taliasih kepada kaum dhuafa dan anak yatim di Kabupaten Batubara.

Kini Polres Batubara bersama seluruh jajaran, Pemkab Batubara / Dinas Kesehatan Batubara dan TNI serta instansi terkait dan segenap lapisan masyarakat harus bekerjasama dengan segala kekuatan yang dimiliki berjuang agar Status PPKM Level 2 bisa menjadi level 1.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis pada setiap kesempatan telah menyatakan tekadnya akan berusaha sekuat tenaga menjadikan Kabupaten Batubara status PPKM Level 1.
Hal serupa juga dinyatakan Bupati Batubara Ir Zahir MAP didukung segenap jajaran Pemkab. Batubara.

Sebagai ikhtiar mencapai tujuan status PPKM level 1, operasi yustisi gabungan rutin dilaksanakan dengan sasaran masyarakat pengguna jalan yang pelanggar prokes (tidak pakai masker dan jaga jarak.Sasarannya mulai pemotor, bus angkutan umum dan segala jenis kenderaan bermotor roda empat keatas.

Petugas menghentikan pengendera sepeda motor yang tidak memakai masker dan memberikan tindakan peringatan lisan, ada yang dihukum pus up.
Petugas juga naik ke dalam bus yang dihentikan untuk meriksa kepatuhan penompang terhadap prokes. Petugas juga berbaik hati memakaikan masker kepada penumpang yang tidak memakai masker.

“Tetaplah pakai masker untuk melindungi dirimu dan keluarga tercintamu agar tidak terpapar virus corona,” ujar petugas mengingatkan sembari memakaikan masker kepada penompang. Petugas juga menyemprotkan disinfektan di dalam bus sebagai antipasi penyebaran COVID-19.

Kepada pengemudi bus angkutan umum petugas memberikan stiker bertuliskan “Ayo pakai masker sekarang” untuk ditempelkan di dalam bus, sekaligus untuk mengingatkan penumpang jangan abai memakai masker.

Petugas terus menghimbau warga di Kabupaten Batubara patuh prokes dan gunakan masker saat beraktifitas di luar rumah agar tidak terpapar virus corona.
Untuk penegakan prokes, Operasi yustisi juga menyasar hotel, cafe, warung, rumah makan, tempat perbelajaan, tempat hiburan dan lokasi objek wisata.

Ketika petugas gabungan menyasar hotel yang ada di wilkum Polres Batubara dan menemukan sejumlah pasangan bukan suami istri berduaan dalam satu kamar.
Upaya lain yang digencarkan untuk menekan penyebaran COVID-19 melaksanakan vaksinasi massal.

Polres Batubara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batubara melaksanakan vaksinasi massal untuk mencapai tàrget. Kapolres Batubara juga menginstruksikan Polsek jajaran untuk melaksanakan vaksinasi massal secara maksimal di wilayah hukum Polsek jajaran. Tujuannya, untuk menekan penularan COVID-19 sebagai ikhtiar untuk merubah status Kabupaten Batubara PPKM level 2 menjadi level 1.

Bupati Batubara Ir Zahir pada setiap kegiatan pemberian bantuan berbagai peralatan untuk mendukung pemuliham ekonomi kepada para pelaku usaha di Kabupaten Batubara tetap menghimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

Meskipun sudah divaksin, Bupati Batubara provinsi Sumut, tetap mengedukasi warganya agar senantiasa memakai masker terumatama saat beraktifitas di luar rumah. “Ayo pakai masker, Jangan kendor.Lindungi dirimu dan keluarga agar tidak terpapar COVID-19,” ujarnya.

Bupati Zahir juga mengucapkan terimakasih kepada semua instansi, Polres Batubara, TNI serta semua elemen masyarakat atas kerjasamanya hingga Kabupaten Batubara dari PPKM level 3 jadi level 2.

Sementara Kadis Kesehatan Kabupaten Batubara drg Wahid Khusyairi mengatakan angka penurunan COVID-19 sangat terkendali. Berkat kerja keras Pemerintah Kabupaten Batubara provinsi Sumatera Utara bersama Polres Batubara dan TNI serta instansi terkait dalam menekan angka penurunan COVID-19 sangat terkendali.

Terhitung selama 14 hari terakhir 05 – 19 Oktober 2021 kasus konfirmasi hanya ditemukan 1 kasus pada tanggal 17 Oktober 2021. Capaian vaksinasi COVID-19 diangka 51 % secara umum kondisi tersebut sangat baik. Dengan rincian lansia mencapai 47,5 % selebihnya kelompok usia 12 hingga 59 tahun.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kesehatan Kabupaten Batubara drg Wahid Khusyairi, didampingi dr Deni Syahputra di Limapuluh Kecamatan Limapuluh -Batubara, Selasa (19/10/2021).

Dijelaskan drg Wahid Khusyairi, hasil tracing kontak erat terhadap 15 orang kontak erat, dan tidak ditemukan kasus kematian selama dalam waktu dua minggu terakhir. Juga tidak ada kasus pasien terkomfirmasi yang dirawat di rumah sakit.

Terkait status PPKM Kabupaten Batubara Provinsi Sumut, yang masih pada level 2, disebutkan drg Wahid Khusyairi hanya karena kemampuan tasting yang masih rendah jika dibandingkan dengan rumus 1/1000 penduduk . “Hanya saja yang membuat Kabupaten Batubara masih berada di level 2 PPKM adalah karena kemampuan tastingnya masih terbatas dengan rumus 1/1000 penduduk dengan jumlah 61 tasting orang perhari.

Sedangkan kemampuan tasting saat ini sebanyak 34 tasting perhari. Inilah yang menyebabkan Kabupaten Batubara masih di level 2,” ujarnya mengungkapkan.

Dijelaskan drg Wahid Khusyairi, hingga saat ini pihaknya melakukan tasting secara masif kepada masyarakat di daerah- daerah yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Batubara mengirimkan 4-5 sample perhari, untuk melakukan existesting kepada masyarakat yang sudah ditasting.Kemudian melakukan tasting kepada tenaga kesehatan (Nakes) secara berkala, bebernya.

Untuk seterusnya selama masih ada Pandemi COVID-19 dikatakan drg Wahid Khusyairi, Pemerintah Kabupaten Batubara terus melaksanakan langkah tasting masif kepada seluruh pengunjung Puskesmas.”Terkait itu dimintakan pada seluruh Puskesmas memberikan sample perharinya 4 kasus,” tegas drg Wahid Khusyairi.

Drg Wahid Khusyairi menghimbau seluruh masyarakat tetap waspada, patuhi prokes dan ikut vaksinasi. (Sutan S)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Polres Bersama Pemkab Dan TNI Bertekat Wujudkan Kab. Batubara PPKM Level 1