Batubara Zona Kuning, Tinggal 2 Orang Terkonfirmasi Positif COVID -19

Jumat, Agustus 14th 2020. | Batubara, Kesehatan | Dibaca 778 Kali

drg Wahid Khusyairi

BATUBARA (MS) – Kabupaten Batubara yang sebelumnya dinyatakan masuk zona merah COVID -19, kini sudah berobah menjadi zona kuning.

Hal ini disampaikan Kadis Kesehatan yang juga juru bicara Satgas COVID – 19 Batubara, drg Wahid Khusyairi MM pada wartawan, Kamis, (13/8) di kantor Covid -19 Batubara di Lima Puluh.

“Saat ini jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid -19 sebanyak 43 kasus. Sudah sembuh sebanyak 41 kasus, tinggal 2 kasus lagi dalam proses isolasi mandiri”,kata Wahid.

Menurut Wahid , pada umumnya kasus terkonfirmasi Covid -19 di Batubara didapati dari para pelaku perjalanan yang berangkat ke daerah yang terpapar berada pada zona merah.

Seiring itu pula Pemkab Batubara melalui Dinas Kesehatan bergerak melakukan pemberdayaan masyarakat melalui media organisasi kemasyarakatan, keagamaan, kepemudaan, dan juga melalui insan pers untuk melakukan sosialisasi wabah virus yang pandemi.

“Kita dalam penanganan COVID -19 ini tidak hanya dari Pemerintah, tapi juga diharapkan partisipasi seluruh masyarakat untuk bisa terlibat.

Sesuai Impres nomor 6 yang baru dikeluarkan Presiden RI, yakni pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu kata Khusyairi , Pemkab Batubara juga mendorong partisipasi masyarakat untuk menggalakkan 3 M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dan dibantu dengan kegiatan pemerintah dalam antisipasi penyebaran COVID -19.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Batubara berupaya mendorong Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di era new normal (normal baru) melalui sosialisasi AKB di seluruh Desa Tangguh Bencana (Destana) se-Kabupaten Batubara. Ini juga upaya pemerintah daerah menekan angka positif Covid -19 di Batubara,” paparnya.

Wahid berharap dengan memberdayakan masyarakat melalui organisasi kepemudaan, ormas keagamaan, sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru bisa maksimal.

“Sosialisasi AKB ini kita menggandeng sebanyak 18 organisai di Batubara yang berbadan hukum sebagai syarat kelengkapan administrasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Batubara Zona Kuning, Tinggal 2 Orang Terkonfirmasi Positif COVID -19