Dapat Bantuan Sumur Bor Dari Pemkab Batubara, UPR Sumber Jaya Supply Bibit Ikan Ke Danau Toba

Kamis, September 30th 2021. | Batubara, RAGAM | Dibaca 397 Kali

Bibit ikan nila yang akan dikirim ke pengusaha keramba di Danau Toba

BATUBARA (MS) – Setelah mendapat bantuan sumur bor dari Pemkab Batubara melalui Dinas Perikanan Kab. Batubara, usaha pembibitan ikan nila yang dikelola UPR Sumber Jaya di Dusun Teluk Sebayan Desa Sumber Padi Kec. Limapuluh Batubara berhasil dan terus berkembang.

Banyak yang tidak mengetahui kalaù ikan nila yang dipelihara di Danau Toba bibitnya berasal dari Kabupaten Batubara. UPR Sumber Jaya setiap bulannya mengirim sedikitnya 30.000 hingga 50.000 ekor bibit ikan nila untuk pengusaha keramba apung di Danau Toba.

Anggota DPRD Batubara dari fraksi PKS selaku pembina UPR Sumber Jaya menjelaskan hal itu kepada wartawan saat berkunjung markas Wappress di Limapuluh, Kamis, (30/09/2021).

“Alhamdulillah, meski ditengah pandemi COVID-19, kegiatan pembibitan ikan nila dibawah Binaan UPR Sumber Jaya masih tetap berjalan sebagaimana biasa. Setiap bulan UPR mengirimkan 30 ribu hingga 50 ribu ekor bibit ikan nila ke Danau Toba,” ujar Citra

Dikisahkan Citra, sebelum Pemkab Batubara melalui Dinas Perikanan memberi bantuan sumur bor, usaha pembibitan ikan UPR Sumber Jaya tidak bisa berkembang.

“Debit air dari anak sungai sangat sedikit. Terlebih saat musim kemarau praktis pembibitan tidak berjalan karena debit air sangat sedikit bahkan terhenti,” imbuh Citra.

Namun setelah adanya bantuan sumur bor dari Pemerintah Batubara yang menghibahkan sumur bor kepada UPR Sumber Jaya maka debit air sangat melimpah setiap saat.

“Pembibitan ikan nila semakin baik dan petani tidak khawatir lagi kekurangan air ketika musim kemarau,” katanya.
Sayangnya, Citra tidak menjelaskan berapa penghasilan peternak bibit ikan nila dibawah binaannya itu setiap bulan.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Dapat Bantuan Sumur Bor Dari Pemkab Batubara, UPR Sumber Jaya Supply Bibit Ikan Ke Danau Toba