Desa Padang Genting Dijadikan Sentra Tenun Songket Melayu Batubara

Jumat, Desember 20th 2019. | Batubara, Budaya, RAGAM | Dibaca 1,145 Kali

Bupati Batubara Zahir didampingi Ketua PKK Maya Indriasari menjajal alat tenun manual

BATUBARA (MS) – Bupati Batubara Ir Zahir MAP didampingi Ketua PKK Maya Indriasari meresmikan Desa Padang Genting Kec.Talawi Batubara sebagai ‘Kampung Tenun’ , Kamis (19/12).

“Melihat prospek dan sejarah budaya lokal di Batubara, maka saat ini kita merintis pendirian Kampung Tenun. Keberadaan Kampung Tenun ini secara perlahan akan menambah dan meningkatkan panghasilan masyarakat,” kata Bupati Batubara Zahir.

Kedepan lanjut Zahir Desa Padang Genting akan digagas menjadi sentra Tenun Songket Melayu Batubara.

Diketahui pada umumnya di Desa Padang Genting, setiap wanita memiliki keterampilan menenun. Proses pembuatannya masih menggunakan alat tradisional dan dikerjakan secara manual.
Masyarakat Kabupaten Batubara sadar betul dengan warisan turun temurun sebagai identitas Suku Melayu yang perlu dipertanggungjawabkan dan dilestarikan.

“Disamping Padang Genting, desa yang berdekatan seperti Desa Mesjid Lama, Tanjung Tiram, Lima Puluh maupun daerah lainnya, ke depan juga akan diplot menjadi Kampung Tenun,” kata Zahir.

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Batubara, Margareta Silalahi menuturkan, peresmian Kampung Tenun di Desa Padang Genting merupakan upaya Pemerintah Kab. Batubara membangun dan menumbuhkan industri kreatif.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Desa Padang Genting Dijadikan Sentra Tenun Songket Melayu Batubara