Ditengah Pandemi COVID-19, IRMANDA Gotong – Royong, Motivasi Desa Lain

Senin, November 2nd 2020. | Batubara, RAGAM | Dibaca 727 Kali

Irmanda dan masyarakat gotong royong membersihkan desa

BATUBARA (MS) – Kegiatan bakti sosial yang rutin dilakukan Ikatan Remaja Masjid Tanjung Muda (Irmanda) ditengah pandemi COVID-19 dan pemerintah desa bergotong – royong membersihkan drainase, Masjid, jalan Desa Tanjung Muda, Kecamatan Airputih, Batubara, Minggu (1/11/2020).

Kepala Desa Tanjung Muda Khazeli Sugiono yang hadir di tengah-tengah kegiatan sosial mengapresiasi sinergitas IRMANDA dan masyarakat setempat.

“Kegiatan bersih-bersih bersama ini merupakan sinergitas membangun semangat bergotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Gerakan ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk menjaga lingkungan bersih di tengah pandemi COVID-19,” kata Khazeli.

Hal senada juga diungkapkan Kadis Lingkungan Hidup melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Kartina Samosir yang turun langsung menyediakan truk pengangkut sampah.

Kepedulian Irmanda dan Desa Tanjung Muda bisa menjadi contoh sekaligus motivasi bagi desa lain untuk tampil bersih, terutama di tengah COVID-19 dan masuknya musim penghujan.

“Gerakan bergotong royong ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama di musim penghujan maka sarang nyamuk dan drainase akan berjalan lancar,” ujarnya.

Sinergitas remaja masjid dan pemerintah desa merupakan kolaborasi yang patut dicontoh demi kemaslahatan dan keindahan desa, sehingga nyaman dan bersih.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batubara ke depannya akan memberikan pelatihan bagi Irmanda tentang tata cara mengolah sampah organic yang bisa memberikan pendapatan/masukan bagi remaja masjid.

“Pelatihan-pelatihan pembuatan pupuk kompos organic akan kita berikan kepada Irmanda, agar bermanfaat dan bisa memberikan penghasilan ekonomi tambahan di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Ditengah Pandemi COVID-19, IRMANDA Gotong – Royong, Motivasi Desa Lain