HUT Ke 46 Inalum, Tatap 2022 Dengan Semangat Bersinergi, Tumbuh dan Tangguh

Sabtu, Januari 8th 2022. | Batubara, RAGAM | Dibaca 448 Kali

Direktur Operasi dan Portopolio PT Inalum (Persero) Danny Praditia saat menyampaikan kata sambutan

KUALA TANJUNG (MS) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum rayakan hari jadinya yang ke – 46 dengan semangat “Bersinergi, Tumbuh, dan Tangguh”, Kamis (06/01/2022).

Direktur Operasi dan Portopolio PT Inalum (Persero) Danny Praditia dalam resepsi HUT ke – 46 Inalum mengatakan, Inalum optimis, bisa memberikan kontribusi yang lebih baik kepada seluruh pemangku kepentingan sekaligus memberikan manfaat yang lebih berkelanjutan di Indonesia.

Danny Praditya menyebut, keberadaan Inalum kini menjadi bagian dari perjalanan baru ekonomi nasional dan kemajuan bangsa tidak hanya untuk ini hari ini, tapi esok dan di masa yang akan datang, untuk generasi selanjutnya.

“Inalum harus siap untuk mengenjot pertumbuhan bisnis yang fokus pada pertumbuhan hilirisasi industri pertambangan nasional, juga siap untuk menjadi perusahaan yang fokus pada sustainability development goals, dimana pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui program TJSL menjadi bagian yang tak terpisahkan dari operasional perusahaan. Maka Bersinergi, Tumbuh, dan Tangguh menjadi jawaban Inalum dalam menghadapi tantangan yang semakin dinamis”, ujar Danny dalam sambutannya.

INALUM hadir di Indonesia 1976 dalam bentuk PMA atau perusahaan patungan antara Jepang dan Indonesia dengan visi besar menjadi big player dalam pengolahan aluminium di Indonesia dan Asia Tenggara. Status PMA diemban oleh Inalum hingga tahun 2013.

Pada 2013 INALUM menjadi perusahaan BUMN dan berstatus Persero sehingga fokus Inalum dalam beroperasi tidak hanya untuk keuntungan perusahaan semata tetapi juga untuk memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

Resepsi HUT ke 46 PT Ianlum (Persero) dilaksanakan di Ballroom Gedung INALUM di Kuala Tanjung, kegiatan Resepsi HUT ke-46 INALUM sendiri dilaksanakan secara hybrid (kehadiran fisik dan virtual) dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan tamu undangan.

Kegiatan dihadiri oleh pemangku kepentingan setempat yaitu Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP, wakil Bupati H. Oky Iqbal Frima SE, Ketua DPRD M. Safi’i, SH, Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Amru E Siregar SH. MH, Ketua MUI Batubara MH. Hidayat, L.C, MA., Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Danlanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, serta dihadiri para camat dan kepala desa setempat serta pemangku kepentingan lain yang memiliki keterkaitan penting dalam setiap lini usaha INALUM.

Sebelumnya, selama satu bulan Inalum menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk masyarakat luas seperti lomba fotografi, lomba videografi, dan lomba jurnalistik; kegiatan donor darah di dua lokasi perusahaan (Komplek Karyawan di Kawasan PLTA dan Perumahan Karyawan di Tanjung Gading), kegiatan santunan untuk 146 anak yatim dari 3 wilayah sekitar kawasan operasional, serta kegiatan internal seperti lomba kebersihan lingkungan dan e-sport. Inalum juga menyelenggarakan INALUM Virtual Charity Run dengan melibatkan karyawan dan masyarakat luas.

Adapun makna dari Bersinergi, Tumbuh, dan Tangguh juga dijelaskan oleh Danny dalam sambutannya. Ia menyebut, bahwa ketiga kata tersebut merupakan manifesto INALUM dalam memperkuat eksistensi bertepatan dengan momen bersejarah dimana presidensi G20 atau tampuk kepemimpinan G20 ada di tangan bangsa Indonesia dan dalam amanah kepemimpinan tersebut, Indonesia mendorong sinergitas dan ketangguhan dalam membangun dunia pasca pandemi

“Sebagai bagian dari keluarga besar BUMN yang mengemban noble purpose untuk memajukan Bangsa dan Negara, adalah suatu keharusan bagi Inalum untuk mendukung apa yang menjadi tema presidensi indonesia di G20 tersebut, yakni recover together, recover stronger atau bersama-sama kita pulih dan lebih kuat dari sebelumnya ”, ujar Danny.

Bersinergi menyatakan bahwa INALUM sebagai perusahaan pengolahan aluminium terbesar di Indonesia siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak baik BUMN, instansi swasta, regulator, maupun shareholders dalam rangka meningkatkan kebermanfaatan untuk masyarakat.

Tumbuh menyatakan bahwa INALUM akan terus tumbuh seiring dengan berbagai aksi korporasi strategis dalam rangka membantu Indonesia dalam mendorong hilirisasi industri pertambangan nasional, menumbuhkan ekosistem industrialisasi klaster aluminium yang modern dan inovatif sekaligus sebagai perusahaan yang mendukung pengelolaan dan penggunaan energi terbarukan di Indonesia.

Tangguh menyatakan bahwa Inalum telah membuktikan daya tahan yang baik dalam menghadapi kondisi krisis selama dua tahun terakhir karena pandemi global dan kini siap untuk terus menghadapi setiap tantangan yang hadir di masa depan sekaligus menjadi wajah industri dari semangat bangsa Indonesia yang Tangguh.

Selama beroperasi, Inalum memiliki kepedulian untuk menjaga keberlangsungan lingkungan, kami senantiasa melakukan upaya-upaya pelestarian dan konservasi lingkungan di sekitar wilayah operasional kami termasuk Danau Toba.

Melangkah ke 2022, PT INALUM (Persero) akan melanjutkan beberapa aksi korporasi strategis yang sudah dimulai pada 2021 seperti proyek up grading teknologi tungku reduksi yang akan selesai pada 2023. Optimalisasi Smelter Kuala Tanjung yang ditargetkan akan meningkatkan kapasitas produksi di 2024 – 2025, Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery di Mempawah, dan Proyek Diversifikasi melalui pembangunan Aluminium Remelt IAA yang akan selesai pada akhir 2022.

Langkah – langkah tersebut merupakan bukti komitmen INALUM dalam menciptakan klaster industri aluminium, meningkatkan kapasitas produksi dan memastikan kualitas produk aluminium Indonesia yang kuat dan kompetitif di pasar dunia.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) INALUM adalah BUMN Holding Industri Pertambangan yang melaksanakan fungsi holding dan fungsi operating yang didirikan 6 Januari 1976.

Nama Perusahaan berubah dari PT Indonesia Asahan Aluminium menjadi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) pada 2014 atau biasa disebut INALUM. Menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tanggal 19 Desember 2013, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2014 tentang Penetapan PT Indonesia Asahan Aluminium sebagai Perusahaan Perseroan (Persero).

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) ditunjuk menjadi BUMN Holding Industri Pertambangan pada tanggal 27 November 2017, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 2017 tanggal 10 November 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) saat ini memiliki asset Konsolidasi MIND ID senilai Rp180,78 triliun (per-31 Desember 2020).

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) memiliki jaringan kantor yang berlokasi di beberapa tempat, antara lain INALUM Operating memiliki Kantor Pusat Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kantor PLTA yang berada di Paritohan, Kantor Perwakilan di Jakarta serta Kantor Penghubung di Medan.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For HUT Ke 46 Inalum, Tatap 2022 Dengan Semangat Bersinergi, Tumbuh dan Tangguh