Kadisdik Batubara Siapkan Tatanan New Normal di Sekolah

Sabtu, Juni 6th 2020. | Batubara, PENDIDIKAN | Dibaca 411 Kali

Bupati Batubara Ir. Zahir MAP bersama peserta rapat lainnya diabadikan usai rapat

BATUBARA (MS) – Kepala Dinas Pendidikan Kab. Batubara Ilyas Sitorus, SE. MPd mengatakan Disdik Batubara sudah siapkan tatanan kehidupan baru (New Normal) dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan dan peraturan pemerintah pusat dan daerah.

Hal itu disampaikan Ilyas usai mengikuti rapat koordinasi Gugus Covid-19 di aula Kantor Dinas Kesehatan Batubara di Limapuluh yang dipimpin Bupati Batubara Ir. Zahir M. AP dihadiri Damdin/Asahan Letkol Inf. Sri Marantika Beruh S.Sos, Kapolres Batubara dihadiri Kabag Ops Kompol Rudy Candra. SH. MM, Danlanal Tanjungbalai, Kejari Batubara yang dihadiri Kasi Pidsus, Sekdakab Sakti Alam Siregar, Forkopimda dan jajaran OPD kepada Berita lewat pesan WhatsAppnya, Sabtu, (6/6)

Dinas Pendidikan Batubara untuk memasuki tatanan kehidupan baru (New Normal) sebagaimana anjuran protokol kesehatan dalam dunia pendidikan, jauh sebelumnya telah menyediakan tempat cuci tangan sederhana dengan menggunakan air mengalir di setiap sekolah minimal 10 kran yang disesuaikan jumlah siswa satuan pendidikan.

Kemudian Dinas pendidikan menyiapkan masker baik untuk tenaga pendidikan, tenaga kependidikan maupun peserta didik di satuan pendidikan.

Ruang belajar telah dipersiapkan sesuai dengan protokol pendidikan dan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak antara siswa ke siswa lainnya.

Terakhir kata Ilyas Sitorus SE. M. Pd pengaturan posisi duduk diruang kelas dan ruang guru minimal berjarak 1,5 meter.

Penerapan New Normal, pola sekolah ke depan tetap mengadopsi upaya pencegahan Covid-19 yaitu meliputi seluruh warga sekolah wajib bermasker, pengaturan jarak, tidak menyentuh, membiasakan cuci tangan, penyediaan wastafel/tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer atau sejenis sabun cair pada lokasi sekolah.

Dalam WhatsApp Dinas Pendidikan Batubara secara umum menghimbau kepada satuan pendidikan atau sekolah agar membuat papan atau spanduk terkait dengan informasi pencegahan Covid-19, menjaga kebersihan kelas, meja dan kursi belajar dengan menyemprotkan disinfektan minimal seminggu dua kali, tegas Ilyas.

Disebutkan Ilyas, Disdik Batubara sedang menyiapkan panduan umum dalam pelaksanaan pola sekolah baru, kerja baru bagi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan di tengah memulai tatanan kehidupan baru (New Normal) melakukan sosialisasi virtual pola baru ke orang tua.

Sekolah akan memiliki kontak ke Puskesmas, klinik, atau RS terdekat jika anak atau warga sekolah mengalamai deman, batuk sewaktu berada dalam lingkungan sekolah.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Kadisdik Batubara Siapkan Tatanan New Normal di Sekolah