Kapolres Batubara Akan Bentuk Tim Dalami Kasus Tanah Timbul

Rabu, Januari 22nd 2020. | Batubara, RAGAM | Dibaca 973 Kali

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH salam komando dengan Ketum PB Gemkara Batubara Drs.Khairul Muslim

BATUBARA (MS) – Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis didampingi Kasat Intel AKP Very Kusnadi mengatakan akan membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan terkait persoalan tanah timbul di Batubara.

Kapolres Batubara menyatakan hal itu setelah menerima laporan dari PB Gemkara Batubara yang melakukan audiensi ke Polres Batubara, Selasa (21/1/2020).

“Saya tidak punya kepentingan, saya akan berdiri tegak lurus, soal tanah, prinsipnya adalah punya negara dan akan dikembalikan ke negara,” ujarnya.

Tim gabungan dari Sat Intelkam dan Serse Polres Batu Bara akan ditugaskan untuk melakukan penyelidikan sejuah mana aktivitas jual beli tanah dalam persoalan tanah timbul yang terdapat di Kecamatan Medang Deras.

Mantan Kapolres Pelabuhan Belawan yang menggagas lahirnya Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) itu menegaskan jika kemudian hari nanti ditemukan ada pelanggaran hukum dalam jual beli tanah timbul didaerah itu, akan dilakukan tindakan tegas terhadap pihak pihak terkait.

Sebelumnya, Ketua Umum Gemkara Batu Bara Khairul Muslim mengaku telah melaporkan dugaan pelanggaran atas penyerobotan tanah timbul sebanyak 386 hektar si Desa Pematang Nibung dan Desa Durian di Kec. Medang Deras.

Dalam surat Nomor 002/E/PB.Gemkara/I/2020 itu Gemkara meminta Kapolres Batu Bara untuk menghentikan operasional alat berat beko di tanah timbul Kecamatan Medang Deras.

Khairul Muslim juga meminta kepada Kapolres Batubara untuk mempertajam fungsi Inteligen dalam melakukan sweping pencegahan persoalan hukum di Batubara.

Diterangkan, Gemkara Batubara telah menyampaikan surat himbauan ke Bupati Batu Bara. Dalam surat itu, Gemkara meminta kepada Bupati Batubara untuk menghimbau kepada para kepala desa dan camat untuk menghentikan aktivitas jual beli tanah timbul di Kecamatan Medang Deras.

Dikatakan Khairul Muslim di internal Gemkara sendiri, telah terbentuk tim tanah yang berjumlah sembilan orang.

“Tim bertugas melakukan inventarisasi, monitoring dan investigasi terhadap persoalan tanah timbul di Batubara”, jelas Khairul Muslim.

Selain itu, Khairul juga melaporkan rencana pelantikan serentak di 12 Divisi Gemkara Batubara yang rencananya akan dilaksanakan di Pantai Jono di Batubara,Februari depan.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Kapolres Batubara Akan Bentuk Tim Dalami Kasus Tanah Timbul