Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis Begitu Dekat Dengan Masyarakat

Jumat, Agustus 14th 2020. | Batubara, RAGAM | Dibaca 918 Kali

 

 

Kapolres Batubara bersama Bupati

Laporan : Wartawan Mimbar Sumut.Com
Sutan Sitompul

AKBP IKHWAN LUBIS SH MH merupakan Kapolres ke 6 di Polres Batubara sejak Kabupaten Batubara berdiri hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan.

Menjabat sebagai Kapolres Batubara sesuai TR Kapolri, Nomor : ST/3233/XII/Kep/2019, tetanggal 6 Desember 2019, yang dilantik Kapoldasu Irjen pol Martua Sormin di Aula Tribrata Mapoldasu 18 Desember 2019 dan menjalankan tugas berpedoman UU 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yakni sebagai aparat penegak hukum.

Sebagai orang Batak yang lahir di Medan tanggal 7 Juli 1964, AKBP Ikhwan Lubis sudah tahu dan paham betul peta Sumatera Utara serta karakteristik masyarakat dan budayanya, sehingga dimana pun dia ditempatkan bertugas, selalu mendapat simpatik dari berbagai elemen masyarakat maupun rekan dan anggotanya.

Sebelum bertugas sebagai Kapolres Batubara, nama AKBP Ikhwan Lubis sudah mulai santer mendapat respon yang baik sejak bertugas sebagai Kasat Reskrim Poltabes MS (kini Polrestabes) Medan yang sebelumnya menjabat Kasubdit I/Indag Ditreskrimsus Poldasu dan selanjutnya menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan.

Setelah menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis, banyak melahirkan ide, gagasan dan program yang semata – mata semuanya itu, untuk membantu masyarakat khususnya mereka yang kurang mampu (miskin).

Dari Belawan, AKBP Ikhwan Lubis dipercayakan sebagai Kapolres Batubara dan dia yang ke – 6 sebagai Kapolres Batubara sejak Kabupaten Batubara dimekarkan. Beruntung, warga Batubara maupun Pemkab dan instansi terkait mendapat sosok AKBP Ikhwan Lubis sebagai orang nomor satu di Polres Batubara.

Dibalik kelembutan wajahnya, namun dalam memimpin Polres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis tetap tegas dalam menegakkan disiplin, menghargai anak buah, berjiwa sosial tinggi dan familiar.

Selain mengutamakan Kamtibmas demi menjamin warga Batubara nyaman dan aman, masalah kriminal juga menjadi perhatian serius untuk ditekan dan diminimalisir. Terbukti, dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat, tingkat kriminalitas di wilayah hukum Batubara jauh menurun.

Kabupaten Batubara sebagai wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pelabuhan dan industri serta lainnya, harus memiliki keamanan yang bisa menjamin rasa aman dan nyaman bagi para investor untuk berinvestasi di negeri bertuah Batubara.

Kamtibmas sangat diutamakan untuk memberikan rasa aman bagi seluruh warga Kabupaten Batubara dan tamu yang berkunjung ke Batubara.

Polres Batubara membawahi 4 Polsek dengan wilayah hukum 151 desa dan 10 Kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan se-kabupaten Batubara.

Dalam meningkatkan Kamtibmas Kapolres Batubara bersama jajaran berhasil meredam masalah tauran antar remaja yang sudah lama terjadi di Tanjung Tiram Batubara.

Masalah tauran ini sudah sangat meresahkan bagi masyarakat Tanjung Tiram dan sekitarnya. Namun berkat tangan dingin Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis masalah tauran dapat diselesaikan tanpa ada yang menjadi korban dan belakangan ini tidak ada lagi terjadi tauran.

Para tokoh masyarakat, agama dan pemuda Tanjung Tiram memberikan apresiasi tinggi kepada Kapolres Batubara beserta jajarannya.

Sebagai pejabat yang memiliki sosial yang tinggi mantan Kapolres Belawan itu meneruskan programnya untuk membesarkan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) yang telah dibentuknya sejak bertugas di Belawan.

Pengurus KSJ Kab. Batubara pun terbentuk diketuai Rizal Syahreza SE.
Setiap hari Jumat, Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis bersama KSJ melaksanakan bakti sosial memberikan paket sembako kepada anak yatim dan kaum duafa.

Selain melahirkan KSJ Batubara, Kapores AKBP Ikhwan Lubis juga membuat ‘Rumah Singgah’ yang menyediakan makan gratis bagi warga yang membutuhkan.

Pasca merebaknya virus corona (COVID -19 ) di seluruh wilayah Indonesia dan itu terjadi setelah sekitar empat bulan menjabat Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis bekerja ekstra keras terutama perannya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis beserta jajarannya bekerjasama dengan KSJ beserta Bupati Batubara Ir Zahir MAP saling bahu – membahu memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak COVID -19 di Kabupaten Batubara.

Untuk meningkatkan peran KSJ telah dibentuk Pengurus KSJ di 12 kecamatan se-Kab. Batubara. Kantor KSJ Batubara yang baru selesai dibangun baru – baru ini telah diresmikan pemakaiannya oleh Kapolres bersama Bupati Ir Zahir.

Peran Pengurus Cabang Bhayangkari Batubara beserta Pengurus Ranting Bhayangkari sejajaran juga sangat berperan dalam mendukung tugas Kapolres Batubara beserta jajarannya.

Pada beberapa kali kesempatan Bupati Batubara Ir Zahir secara tulus memuji dan memberikan apresiasi kepada Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis atas kegiatan sosial yang dilaksanakan selama ini.

Selain melaksanakan bakti sosial, Kapolres Batubara beserta jajaran serta KSJ membagikan masker kepada warga serta sosialisasi terkait bahaya dan penyebaran virus corona dengan melibatkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di tingkat Polsek.

Masyarakat terus dingatkan tentang bahaya virus corona yang mematikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga kesehatan, hindari kerumunan, cuci tangan dan pakai masker.

Selain rutin memberikan bantuan sembako kepada warga, Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis juga selalu turun ke tengah – tengah masyarakat untuk menerima masukan.

Dalam penggalangan masyarakat sebagai langkah awal untuk pengkondisian keamanan, Kapolres melakukan pembinaan dengan mengunjungi sejumlah tokoh apakah itu tokoh ulama, tokoh pemuda maupun tokoh masyarakat lainnya ,serta menerima kunjungan para tokoh di kantornya.

Selain berbagai elemen masyarakat, kalangan wartawan juga sangat merasakan perhatian Kapolres AKBP Ikhwan Lubis. Ia sangat menghargai jika para Wartawan adalah mitra Polisi dalam bekerja.

Para Wartawan khususnya unit Polres Batubara sangat kagum atas atas kinerja Kapolres yang selalu peduli dengan masyarakat Batubara, bahkan tidak sungkan untuk turun ke lapangan memberikan bantuan langsung kepada warga khususnya yang ditimpa musibah.

Semoga apa yang dilakukan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis saat ini, dapat dilanjutkan Kapolres Batubara kelak siapapun orangnya.

AKBP Ikhwan Lubis sangat dekat dengan masyarakat bahkan masyarakat tidak sungkan untuk berdialog bahkan bergambar bersama Kapolres.

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis Begitu Dekat Dengan Masyarakat