PT Inalum Bangun Gedung Konsep Green and Smart Building Dan Ramah Lingkungan

Jumat, Mei 24th 2019. | Batubara, EKBIS, RAGAM | Dibaca 73 Kali

Pembanguan gedung Inalum sedang giat dikerjakan. (Foto : MS / SS)

KUALA TANJUNG (MS) – PT Inalum (Pesero) yang merupakan Induk Holding Industri Pertambangan yang beroperasi di Kuala Tanjung Kab. Batu Bara Prov. Sumut sedang membangun sebuah gedung perkantoran yang modern dan represtatif di kawasan lapangan bola A – Camp Kuala Tanjung.

Rencananya, terdiri dari 1 unit gedung 8 lantai dan 1 unit ballroom dengan totàl luas bangunan 32.353 m2 serta lahan seluas 2,37 hektar ditargetkan mampu menampung 1000 orang karyawan.

Manager proyek pembangunan gedung Inalum Ari Suryo Purnomo menyampaikan Kamis (23/5) petang bahwa pembangunan gedung Inalum ini selain untuk mendukung pengembangan bisnis Inalum juga untuk memenuhi kebutuhan perkantoran di kawasan Kuala Tanjung yang berkembang cukup pesat kedepan.

Dikatakan Ari, lselain digunakan oleh Inalum, lantai 6, 7 dan 8 juga akan diperuntukkan bagi anak usahanya,rekanan perbankan dan asuransi serta perusahaan lain di kawasan Kuala Tanjung yang lahannya dekat dengan pelabuhan dan kluster aluminium.

“Dengan adanya gedung baru ini nantinya diharapkan akan meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat sekitar dan mendukung percepatan pembangunan ekonomi daerah khusunya di Batu Bara dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” ungkap Ari

Dijelaskan Ari bahwa gedung Inalum yang dirancang dengan konsep “Green and Smart Building” ini juga mengakomodir unsur-unsur budaya dan kearifan lokal dalam arsitekturnya serta mencerminkan Inalum sebagai perusahaan terkemuka di bidang peleburan aluminium.

Konsep bangunan mengedepankan aspek sustaina bility development ini diharapkan dapat menjadi pelopor pembangunan gedung sejenis di Kab.Batu Bara khususnya dan Sumut pada umumnya.

Deputy Sekretaris Perusahaan Inalum Mahyaruddin Ende mengatakan gedung Inalum akan menjadi ikon baru di Kuala Tanjung dan sangat layak diperhitungkan oleh pelaku usaha yang mengedepankan aspek integrasi bisnis ,aspek kedekatan lokasi dengan pelabuhan dan komersial.

Ramah Lingkungan Wakil project manager Aprili Gunawan menjelaskan pada prinsipnya konsep bangunan memamfaatkan se-efesien mungkin pemakaian sumberdaya air, energi listrik,penyelarasan bangunan dengan alam dan lingkungan hijau sekitarnya.

Selain itu gedung juga akan menawarkan working yang cukup luas dengan fasilitas umum berupa food court, fitnes center,layanan perbankan, ruang eksibisi,ballroom dengan kapasitas 1000 orang dan area perparkiran yang dapat menampung sekitar 250 kenderaan roda 4.
Sistim pengaman gedung akan dimonitor nonstop melalui CCTV diberbagai titik
gedung Inalum dirancang oleh PT Wiratman selaku perencana dan dalam pelaksanaan konstruksinya dibantu oleh PT Yodya Karya (Persero).

Ground breaking gedung Inalum ini telah dilaksanakan pada 30 Agustus 2018. Hingga saat ini proses pembangunan gedung sudah mencapai 30 porse dan ditargetkan selesai pada Januari 2020

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For PT Inalum Bangun Gedung Konsep Green and Smart Building Dan Ramah Lingkungan