PT Inalum Bukukan Aset Rp 162 Triliun

Minggu, Februari 3rd 2019. | Batubara, RAGAM, Tekno | Dibaca 4,646 Kali

Dirut PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin memotong kue pada puncak acara resepsi Hut ke – 43 PT Inalum, Sabtu (2/2) malam (Foto : MS/Sutan.S)

BATUBARA (MS) – PT Inalum (Persero) membukukan aset sebesar Rp 162 triliun hingga akhir tahun 2018. Aset perusahaan naik tujuh kali lipat dibandingkan tahun 2016 sekitar Rp 23 triliun.

Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin menerangkan tahun 2016 aset perusahaan Rp 23 triliun dan tahun 2017 melezit menjadi Rp 93 triliun. Kemudian tahun 2018 menjadi Rp 162 triliun. Peningkatan aset secara drastis ini tidak terlepas dari holding tambang dan pembelian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Laba bersih tercatat Rp 8,6 triliun di tahun 2018.

Hal itu disampaikan Budi Gunadi Sadikin pada resepsi HUT ke Р43  PT Inalum (Persero) di Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Batu Bara, Sabtu (2/2) malam.

Disampaikan Budi, saat ini Inalum telah diberikan mandat oleh Pemerintah yaitu mengelola cadangan mineral strategis,memperkuat hilirisasi dan menjadi perusahaan kelas dunia.

Pada tahun 2018 Inalum telah menyalurkan bantuan CSR & PKBL sebesar Rp 32 miliar, menyerahkan bantuan bedah rumah dan rehabilitasi lahan kritis di daerah tangkapan air Danau Toba.

“Harapannya pohon yang sudah ditanam ini jangan ditebang agar tinggi permukaan air Danau Toba dapat terus terjaga demi keberlangsungan operasional Inalum,” jelas Budi.

Budi juga mengapresiasi serta menaruh harapan terhadap para pemangku kepentingan. “Kami ucapkan terimakasih atas dukungan pemangku kepentingan selama ini sehingga Inalum dapat semakin meningkatkan dan dapat masuk ke jajaran perusahaan Fortune Global ,” harap Budi

Acara resepsi malam itu dihadiri mewakili Gubsu, Pangdam, Kajatisu, Ketua DPRDSU Wagirin, Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima  serta ratusan undangan lainnya.

Komisaris Utama Inalum Agus Tjahajana Wirakusuma mengatakan setelah Inalum menjadi Holding Industri Pertambangan,Inalum dianggap mampu untuk menjadi perusahaan Aluminium yang lebih besar.

“Inalum setelah 5 tahun diambil alih dari konsorsium Jepang mampu meningkatkan aset Rp 162 triliun, bukan tidak mungkin 5 -10 tahun kedepan Inalum mampu masuk ke jajarn Fortune Global,” kata Agus

Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima mengucapkan selamat Hut ke 43 Inalum semoga ke depan Inalum makin berjaya.Oky berharap bantuan CSR yang diberikan kepada masyarakat Batu Bara dapat terus berlanjut dan ditingkatkan.

Ketua DPRDSU Wagirin berharap Inalum dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi masyarakay Sumut.Sehingga dapat memperkuat program Pemerintah Prov.SU guna mewujudkan masyarakat Sumut yang sejahtera dan bermartabat.

Pada acara puncak resepsi dilakukan pemotongan kue Hut Ke 43 Inalum oleh Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin didampingi Komisaris Utama Agus Tjahajana Wirakusuma serta pejabat lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian CSR secara simbolis diantaranya bantuan 48 unit bedah rumah serta bantuan peralatan pertanian kepada 3 Kelompok Tani di sekitar pabrik peleburan dan jalur tranmisi Inalum.Bantuan Kemitraan kepada 24 UKM di Batu Bara dan bantuan pengembangan ruang kelas baru dan mobiler kepada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiay (ST-IT) Kabupaten Batu Bara dan bantuan pembangunan Masjid Al Anhsor Desa Pelanggiran Laut Tador Batu Bara.

Laporan : Sutan.S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For PT Inalum Bukukan Aset Rp 162 Triliun