PWI Batubara Gelar UKW Bupati : Keberadaan Pers Sangat Penting

Minggu, September 15th 2019. | Batubara, RAGAM | Dibaca 604 Kali

Bupati Batubara Ir H Zahir MAP
memberikan kata sambutan sekaligus membuka dengan resmi UKW Batu Bara angkatan XXVI-XXVII tahun 2019 di Tanjung Gading PT Inalum (Persero). (Foto : MS/SS)

TANJUNG GADING (MS) – Keberadaan Pers sangatlah penting di kab. Batubara karena dapat memberikan pencerahan melalui karya jurnalistik kepada masyarakat yang ada di kab.Batu Bara.

Sehingga ke depan lebih banyak lagi masyarakat Batu Bara yang merasakan hasil kerja nyata Pemkab. Batubara melalui informasi yang disampaikan wartawan di Unit Pemkab. Batubara.
Bupati berharap agar UKW di Batubara dapat berlanjut setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Bupati Batubara Ir H.Zahir MAP ketika membuka Uji Kompetisi Wartawan (UKW) angkatan XXVI –XXVII tahun 2019 tanggal 14 -15 September di Tanjung Gading, Sabtu (14/9).

Bupati mengatakan, dunia jurnalistrik telah mengalami perkembangan sangat pesat seiring era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi, revolusi industri harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental tak terkecuali di dunia jurnalistik dan industri media.

Perubahan cepat harus diikuti dengan kesiapan seorang jurnalis dalam penyampaian berita yang semakin aktual namun akurat.

“Profesi wartawan dituntut mampu bersikap profesional dengan menjaga independensi dengan tetap menegakkan idealisme dalam penyajian berita yang berimbang ditengan perkembangan media yang sangat pesat,” ujar bupati.

Pada HPN 2010 di Palembang Dewan Pers telah mencanangkan peningkatan kompetosi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Seorang wartawan wajib memiliki sertifikat wartawan untuk menghadapai perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat terhadap kwalitas jurnalalistik dan industri media massa.

Dengan sertifikat wartawan akan dapat bekerja secara profesional dan bekerja cermat dengan turut berperan mengurangi berita bohong atau hoax ditengah masyarakat luas.

Hadir pada acara itu Kapolres Batu Bara,ketua DPRD Batu Bara,OPD,Camat,ketua PWI Sumut,ketua PWI pusat diwakili direktur UKW Pusat Dr. Rajab Ritonga,tim penguji serta peserta UKW.

Sebelumnya, ketua panitia H Sutan Sitompul melaporkan UKW angkatan XXVI – XXVII tahun 2019 dilaksanakan di Tanjung Gading (PT Inalum) tanggal 14 -15 September 2019 diikuti 48 peserta wartawan dari media cetak dan media online.

UKW Batu Bara dilaksanakan kerjasama PWI Batubara dan Pemkab Batubara dengan menggunakan anggaran dari dana hibah tahun 2019.

Ketua PWI Batubara Alpian memberikan apresiasi tinggi dan ucapan terimakasih kepada Bupati Batubara dan jajarannya yang mendukung kegiatan UKW di Batubara.

Terimakasih juga disampaikan kepada Managemen PT Inalum (Persero) yang telah memfasilitasi tempat kegiatan dan lainnya.

Pada Minggu (15/9) oleh tim penguji UKW Miswan dari Bandar Lampung mengumumkan peserta yang terdaftar 48 orang yang hadir 40 orang dan yang berkompeten 20 orang.

Bupati Batubara diwalili Plt Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus mengucapkan Alhamdulillah secara resmi menutup UKW angkatan XXVI -XXVII 2019 di Tanjung Gading.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For PWI Batubara Gelar UKW Bupati : Keberadaan Pers Sangat Penting