Setelah Revitalisasi, Pasar Limapuluh Terlihat Lebih Apik

Jumat, Desember 18th 2020. | Batubara, RAGAM | Dibaca 620 Kali

Pasar Limapuluh setelah revitalisasi

BATUBARA (MS) – Hasil pekerjaan revitalisasi pasar tradisional Limapuluh Kota Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara terlihat lebih apik.

Setelah dua hari masa pengerjaan revitalisasi pasar tradisional Limapuluh berbiaya Rp. 952 juta dianggap selesai, hasil pengerjaan menuai kritik dari masyarakat dan pedagang.

Menurut Shn (36), salah seorang pedagang ikan, (Jumat 18/12/2020) menilai saluran air yang dibuat terlalu kecil, karena bila musim hujan, air dari sekitar pajak (pasar) numpuknya ke tengah – tengah pajak.

Akibatnya lapak sekitar 40 pedagang ikan akan terendam air karena lapak penjualan ikan lebih rendah dari paving block dan drainase.

Masih menurut Shn, saluran pembuangannya juga kecil, tidak memadai, arah pembuangannya juga tidak sesuai.

“Kalau musim hujan pasti tidak bisa menampung air dari dalam pajak. Karena dulu saluran air ini pernah melimpah, dan airnya masuk ke rumah rumah warga. Habis itu tersumbat, karena salurannya kotor,  mobil Damkarlah yang menyemprot, baru airnya jalan lagi, itupun pelan ,” cetus Shn.

Senada juga disampaikan salah seorang warga lingkungan ll Kelurahan Limapuluh Kota. Kalau musim hujan, kasihan warga yang di belakang, lokasi perumahan rendah, airnya turun ke pemukiman orang itu, karena saluran air di perumahan itu terlalu kecil dan dangkal.
Pantauan wartawan dari group Wappress, pekerjaan revitalisasi pasar di ibukota Kabupaten Batubara tersebut tidak mencakup seluruh pasar.

Terlihat 3 los direhab, pembuatan paving block dan drainase kecil di seputaran pasar serta pembuatan fasilitas MCK.

Sementara lapak penjualan ikan dibiarkan dalam kondisi darurat dan kumuh. Posisi lantai tanah lapak saat ini sudah berada di bawah paving block dan saluran drainase.

Selain itu, bangunan los lama yang masih layak pakai kondisi catnya sudah luntur namun dibiarkan tanpa sentuhan.

Dengan kondisi di atas terlihat pemandangan kontras antara bangunan yang direhab dengan lapak penjualan ikan darurat yang kumuh dan berbau.
Ketika hendak dikonfirmasi wartawan, Kepala Dinas Koperasi UKM Ahmadan Choir belum bersedia memberi keterangan karena masih sibuk di rumah dinas Bupati Batubara di Tanjung Gading.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Setelah Revitalisasi, Pasar Limapuluh Terlihat Lebih Apik