Tekan Penularan COVID-19, Vaksinasi Tak Perlu Timbulkan Kerumunan

Selasa, September 7th 2021. | Batubara, Kesehatan | Dibaca 793 Kali

Kurangnya kesadaran sementara masyarakat untuk mematuhi prokes hingga menimbulkan kerumunan

BATUBARA (MS) – Pemkab Batubara bersama Polres Batubara serta instansi terkait terus menggalakkan vaksinasi guna menekan penularan COVID-19.Apalagi sampai saat ini Kabupaten Batubara masih PPKM level 3 dan diupayakan bisa turun menjadi level 2.

Selain untuk meningkatkan imun tubuh,vaksinasi juga merupakan ikhtiar untuk keluar dari jeratan COVID-19. Diri kita dan keluarga adalah garda terdepan untuk melawan COVID-19. Tentunya dengan menjaga kebersihan, kesehatan, olahraga dan tetap komitmen  menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Himbauan patuhi prokes 5M setiap hari disampaikan personel Polres Batubara dan Polsek jajaran melalui operasi yustisi.

Namun kesadaran sebahagian masyarakat untuk menerapkan protoko kesehatan belum sesuai harapan, ditandai dengan banyaknya warga yang terjaring saat operasi yustisi.

Contoh lain terjadinya pelanggaran prokes saat dilaksanakan kegiatan vaksinasi massal di kantor Camat Air Putih Kabupaten Batubara, Selasa (7/9/21) masih ada terlihat sebahagian masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.

Masyarakat yang datang terlihat berkerumun dan berdesakan untuk mendapatkan suntikan vaksin lebih awal meski pihak penyelenggara tidak membatasi warga yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 hari itu.

Kalau pada kegiatan vaksinasi massal itu ada aparat yang berjaga, kerumunan yang bisa menimbulkan claster baru COVID-19 bisa dicegah. Namun semuanya berpulang kepada kesadaran masyarakat.

Semua harus kerjasama untuk menurunkan Kabupaten Batubara dari PPKM level 3 menjadi level 2 dengan menerapkan prokes 5M.¬†“Ingat COVID-19, Ingat masker dan gunakanlah setiap hari”

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Tekan Penularan COVID-19, Vaksinasi Tak Perlu Timbulkan Kerumunan