Timbulkan Polusi Puluhan Warga Hadang Truk Pemecah Batu

Senin, Januari 17th 2022. | Batubara, RAGAM | Dibaca 320 Kali

Aksi puluhan warga didominasi kaum emak-emak menghadang truk pemecah batu yang menimbulkan polusi

BATUBARA (MS) – Puluhan warga Desa Petatal Kec. Datuk Tanah Datar Kab.Batubara menghadang truk pemecah batu karena menebar debu saat melintas, Senin (17/1/2022).

Puluhan warga yang mayoritas emak emak itu melakukan aksi di depan pintu keluar masuk truk operasional milik kilang pemecah batu. Karena menabur debu saat melintas dapat mengancam kesehatan warga di sepanjang jalan yang dilalui.

Zulfan seorang warga yang ikut dalam aksi tersebut mengatakan, warga sudah sering mendatangi pihak pengelola kilang namun pihak pengelola tidak merespon keluhan warga. Oleh karena itu warga melakukan aksi, kata Zulfan.

Menurut Zulfian, aktivitas truk sudah sangat meresahkan warga, sebab debu yang di timbulkan sangat mengancam kesehatan. Ada salah satu warga yang sudah mengalami gangguan pernafasan, sebutnya.

Dalam aksinya warga meminta pihak pengelola untuk mengatasi debu yang timbul dari proses pemecahan batu maupun saat lalu lintas truk mengangkut batu.

Menyahuti keluhan warga Camat Datuk Tanah Datar melalui Sekretaris Wali Wala Azhari Sagala dan Plt Kepala Desa Petatal Helda, mengundang kedua belah pihak untuk melakukan mediasi di kantor Desa.

Dalam pertemuan itu pihak perusahaan menanda tangani surat perjanjian yang berisi tuntutan warga.

Bila perjanjian tersebut tidak diindahkan maka warga mengancam akab kembali beraksi dengan masa yang lebih besar.

Laporan : Sutan S

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Timbulkan Polusi Puluhan Warga Hadang Truk Pemecah Batu