Usai Peletakan Batu Pertama, Yayasan Tahfidz Ahlul Qur’an Batubara Ajak Berinvestasi Akhirat

Sabtu, Agustus 6th 2022. | Batubara, RAGAM | Dibaca 206 Kali

Suasana acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Yayasan Tahfidz Ahlul Qur’an Kabupaten Batubara – Sumatera Utara. (Dok. ESP)

BATUBARA (mimbarsumut.com) – Usai peletakan batu pertama pembangunan gedung Yayasan Tahfidz Ahlul Qur’an Kabupaten Batubara – Sumatera Utara (YT Ahlul Qur’an – Batubara), Buya Fahri Ramzi sebagai Pembina yayasan tersebut saat diwawancarai pada Sabtu, 6 Agustus 2022 mengatakan bahwa YT Ahlul Quran – Batubara adalah milik kita semua. Saat ini jumlah santrinya telah mencapai 400.

Buya Fahri Ramzi juga mengatakan, YT Ahlul Qur’an – Batubara berlokasi di Dusun III Sei Udang, Desa Masjid Lama, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara. Tanah yang digunakan untuk pembangunan gedung tersebut luasnya 16 x 20 meter, merupakan hibah dari Ibunda Hj. Zainun. Mereka masih berusaha untuk memperluas lahan pembangunannya.

Buya Fahri Ramzi berharap peletakan batu pertamanya tersebut bukan merupakan peletakan batu terakhirnya. Ia optimis pembangunan gedung tersebut dapat berjalan dengan lancar karena mendapat dukungan dari banyak pihak, yaitu : ormas – ormas masyarakat, MUI Batubara, KaKan Kemenag Batubara, Polres Batubara, Polsek Labuhan Ruku, Danrami Talawi, Camat Talawi, warga Desa Masjid Lama, warga Desa Indrayaman, Majelis Belia Melayu Batubara, Yayasan Batubara Bersaudara Group, Kabagdalops Roops Polda Sumut, Anggota DPRD Provinsi Sumut Ir. H. Yahdi Kohir Harahap, MBA, Anggota DPRD Batubara, Wakil Bupati Batubara H. Oky Iqbal Frima, SE, Pemprov Sumut, dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H. Musa Rajekshah, S.Sos, M.Hum.

YT Ahlul Qur’an Batubara pada tahap awal akan membangun ruang belajar para santri dan asrama berlantai dua. Ke depannya akan dilanjutkan dengan pembangunan ruang kantor, ruang koperasi, dan musala. Pembangunan awal gedung tersebut sumber dananya berasal dari bantuan Pemprov Sumut, Wagubsu H. Musa Rajekshah, Golkar Batubara, Golkar Sumut, kas yayasan, dan para donatur. Untuk merealisasikan pembangunan hingga tahap akhir, yayasan tersebut masih sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari semua pihak secara berkelanjutan.

“Pembangunan gedung YT Ahlul Qur’an – Batubara kami targetkan kelar secepat mungkin. Tahun pertama kita akan fokus ke bangunan kelas. Tahun ke dua kita akan fokus ke ruangan kantor dan unit usaha koperasi yayasan. Terakhir, insyaallah kita bangun musholah,” kata Buya Fahri Ramzi.

Seperti dikatakan oleh Buya Fahri Ramzi, peletakan batu pertama pembangunan gedung YT Ahlul Qur’an – Batubara telah dilakukan pada Sabtu (30/7/2022), bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H. Acara tersebut dihadiri sekitar seribu orang. Masyarakat dan para tamu undangan sangat antusias mengikuti rangkaian acara, cuaca hujan membuat suasana semakin haru.

Acara peletakan batu pertama tersebut berlangsung dari pukul 13.00 – 17.00 WIB. Dimulai dengan penampilan hadroh sholawat dari grup Syauqun Nabi dan Majelis Sholawat Nuurun Nabi – Batubara, sambil menunggu kehadiran Wagubsu Musa Rajekshah. Selanjutnya diisi dengan acara; sambutan pencak silat dari Tapak Suci Pemuda Muhammadiyah 307, penampilan santri YRTAQ, dan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Kemudian acara tersebut dilanjutkan dengan kata sambutan dari; Pembina Yayasan Buya Fahri Ramzi, Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima, SE., Penasehat Yayasan Ir. H. Yahdi Kohir Harahap, MBA., Anggota DPRD Prov. Sumut Fraksi PAN, dan Wagubsu Musa Rajekshah. Lalu digelar serah terima plakat Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung YT Ahlul Qur’an – Batu Bara. Setelah itu para hadirin menuju lokasi peletakan batu pertama pembangunan gedung YT Ahlul Qur’an – Batubara.

Wagubsu Musa Rajekshah pada kata sambutannya pada acara tersebut mengatakan, semakin banyak rumah tahfidz di Indonesia mudah-mudahan akan lahir pula pemimpin-pemimpin yang ahli ibadah, baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Pemimpin-pemimpin yang selalu takut dengan Allah SWT.

Musa Rajekshah mengapresiasi Buya Fahri Ramzi yang sejak 2019 lalu sudah mendirikan Rumah Tahfidz di Batubara. Dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung YT Ahlul Qur’an – Batubara, ia berharap semakin banyak lagi rumah tahfidz berdiri, bukan hanya di Batu Bara, melainkan juga di Sumatera Utara maupun di Indonesia.

“Semoga rumah tahfidz ini menjadi amal jariyah untuk para pendiri dan guru-guru yang ada di sini. Saya menyumbang 100 juta rupiah untuk pembangunan gedung yayasan tahfidz ini. Bapak, ibu, janji Allah SWT itu pasti. Allah SWT menjanjikan bagi penghafal Al Qur’an jasadnya tidak akan dimakan bumi, tidak rusak. Dan saya pernah menyaksikannya langsung, selama ini saya hanya mendengarnya saja,” kata Wagubsu yang akrab disapa dengan panggilan Ijeck.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Batubara H. Oky Iqbal Frima, SE. mengatakan, kehadiran YT Ahlul Qur’an Batu Bara di tengah masyarakat Desa Masjid Lama, khususnya umat Islam di Kabupaten Batubara memberikan manfaat yang besar dalam memberantas buta huruf Al Qur’an dan menyelamatkan generasi muda dari kesalahan orientasi dalam penggunaan gadget, pergaulan bebas, dan perilaku negatif lainnya.

“Jalan-jalan ke kota Makkah, jangan lupa keliling Ka’bah, kalau mau hidup kita berkah, jangan lupa perbanyak sedekah. Mari sama-sama kita doakan, semoga pembangunan gedung YT Ahlul Qur’an – Batubara ini cepat terlaksana dengan bantuan dari para dermawan dan hamba Allah lainnya,” kata Oky Iqbal Frima.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Ir. H. Yahdi Kohir Harahap, MBA., yang juga sebagai Penasehat YT Ahlul Qur’an- Batubara mengatakan, “YT Ahlul Qur’an – Batubara berdiri betul-betul dari nol, dari seadanya Pak Wagub, karena sebelumnya saya sudah pernah mengunjungi rumah tahfidz ini di Desa Masjid Lama.

Saya juga melihat dan membaca postingan-postingan mereka di media sosial, seperti di Facebook dan sebagainya. Kemudian saya bertemu langsung dengan Buya Fahri Ramzi, dan saya pikir ini memang adalah suatu upaya kerja keras dari Buya Fahri Ramzi dan kawan-kawan dalam rangka bagaimana membangun rumah tahfidz di Kabupaten Batubara, khususnya di Kecamatan Tanjung Tiram dan Talawi.”

“Karena memang situasi dan kondisi kami di Batubara ini, Pak Wagub. Ini sungguh sangat memperhatikan sekarang ini, banyak generasi muda kita terjebak kepada hal-hal negatif, terutama narkoba. Ini harus kita selamatkan, oleh karena itu kegigihan yang ditunjukkan oleh YT Ahlul Qur’an – Batubara ini patut kita acungin jempol dan patut kita dukung penuh. Apabila YT Ahlul Qur’an ini dapat tumbuh kembang di Batubara, maka ini suatu hal yang sangat positif sekali. Ini adalah bukti dari pada kesadaran kita bersama, terutama ulama-ulama kita, tuan-tuan guru kita, buya-buya kita, untuk bagaimana Batubara bisa menjadi ikon dari pada pendidikan tentunya, khususnya agama Islam,” kata Yahdi Kohir Harahap.

Menanggapi kata-kata sambutan tersebut, Buya Fahri Ramzi mengatakan bahwa Yayasan Rumah Tahfidz Ahlul Qur’an – Batubara tersebut didirikan sejak tahun 2019 lalu. Seiring berjalannya waktu, banyak hamba-hamba Allah yang memberikan tempat, sehingga rumah tahfidz tersebut semakin berkembang dan maju, dan masyarakatnya lebih dekat dengan Al Qur’an. Ia berterimakasih atas kehadiran Wagubsu Ijeck di acara tersebut.

“Kami mohon doa dan dukungannya semoga diberi kelancaran, kesuksesan, kekompakan, keberkahan, dan kebermanfaatan. Amanah yang besar kami terima, baik pengelolaan dan pembangunannya membutuhkan dana yang cukup besar, cukup memeras tenaga dan pikiran. Tentunya kami berharap dan berdoa kepada Allah SWT, agar pembangunan ini berjalan dengan lancar dan dipermudah, Semoga Allah SWT gerakkan hati para dermawan, Pemerintah Provinsi Sumut, Pemerintah Kabupaten Batubara, masyarakat Kabupaten Batubara, dan seluruh orang baik di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Kami mengajak untuk ikut serta membangun YT Ahlul Qur’an – Batubara, karena yayasan ini bukan milik pengurus, melainkan milik seluruh kaum muslimin dan muslimat,” kata Buya Fahri Ramzi.

Bagi yang mau berinvestasi untuk akhirat dengan membantu pembangunan gedung YT Ahlul Qur’an – Batubara, baik dalam bentuk infak, wakaf, dan sedekah, bisa datang langsung menyalurkannya pada petugas di lokasi pembangunan, atau transfer ke nomor rekening 26802030037731, atasnama YRT. AHLUL QURAN.

Laporan : Muhammad Fadhli

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Usai Peletakan Batu Pertama, Yayasan Tahfidz Ahlul Qur’an Batubara Ajak Berinvestasi Akhirat