Dimiyathi dan Yetty dilantik jadi Pj Tebing dan Tapteng Selasa

Minggu, Mei 22nd 2022. | SUMUT | Dibaca 512 Kali

MEDAN (mimbbarsumut.com) – Muhammad Dimiyathi SSos MTP (Sekda Kota Tebingtinggi) infonya akan dilantik menjadi Pj Walikota Tebingtinggi, Selasa (24/5) sedangkan Yetty Sembiring SSTP MM (Sekdakab Tapteng) selaku Pj Bupati Tapteng.

Mereka disebut-sebut akan dilantik Gubsu Edy Rahmayadi atas nama Mendagri di Aula Tengku Rizal Nurdin Gubernuran Jalan Sudirman Medan.

Keduanya dilantik setelah terbit SK penghunjukan dari pusat untuk menggantikan bupati dan walikota kedua daerah itu yang telah berakhir masa jabatannya 22 Mei 2022, sementara Pilkada tahun 2024.

Kabiro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumut Zubaidi melalui Kabid Otda Achmad Rasyid Ritonga menjawab konfirmasi wartawan Minggu (22/5) belum membuka tegas nama kedua Pj KDH dimaksud.

Hanya saja dia menjelaskan sehubungan telah berakhir masa jabatan dua kepala daerah setempat 22 Mei 2022, Gubsu Edy Rahmayadi telah memerintahkan Sekda kedua daerah otonom itu melaksanakan tugas harian kepala daerah (KDH) setempat atau selaku pelaksana harian (Plh).

Dijelaskan kebijakan dimaksud telah disampaikan kepada masing-masing Sekda kedua daerah tersebut melalui Radiogram.

“Tindasan radiogram juga dikirimkan kepada Mendagri di Jakarta, Bupati Tapteng, Walikota Tebingtinggi dan pimpinan DPRD kedua daerah tersebut,” ujar Rasyid Ritonga.

Dengan Radiogram ini lanjutnya tidak ada kekosongan jabatan pimpinan pemerintahan daerah di Tapteng maupun Tebingtinggi. Sekda ke dua daerah otonom ini melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah (KDH) sampai dengan adanya kebijakan pemerintah melantik penjabat (Pj) KDH di masing-masing daerah setempat.

“Dalam radiogram Gubsu mengingatkan Sekda dalam pelaksanaan tugas sehari-hari adalah yang bersifat rutin, sedangkan kebijakan yang bersifat strategis dilaksanakan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dan melaporkannya serta mempertanggungjawabkannya kepada Gubsu,” jelasnya.

Ditanya tentang kapan pelaksanaan pelantikan Pj dan siapa nama Pj yang dihunjuk Kemendagri dikaitkan juga dengan 6 nama yang diusulkan Gubsu, Rasyid Ritonga mengemukakan sebaiknya ditunggu keterangan resmi dari Kemendagri.

Proses ini membetot perhatian khalayak karena masa jabatan Wali Kota Tebingtinggi Umar Zainudin Hasibuan dan Wakil Oki Doni Siregar serta Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Darwin Sitompul telah berakhir 22 Mei 2022, sementara Pilkada baru dilaksanakan tahun 2024.

Tentang informasi dua figur yang dihunjuk pusat di luar nama-nama yang diusulkan oleh Gubernur Sumut hal ini memang dimungkinkan karena Pj Bupati dan Walikota sepenuhnya kewenangan Mendagri, namun mekanismenya masih ‘debatable’ di berbagai kalangan.

Masing-masing penjabat kepala daerah yang diusulkan oleh Gubsu tersebut saat ini menduduki jabatan eselon II Pemprovsu sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Untuk Pj Walikota Tebingtinggi yang diusulkan yakni masing-masing Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi, Kepala Dinas Perlundungan Anak Hj Nurlela dan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumut Aprilla H Siregar SH MH.

Sedangkan untuk Pj Bupati Tapanuli Tengah yakni Pj Sekdaprov Sumut yang juga Sekretaris DPRD Sumut H Afifi Lubis, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Dr H Asren Nasution MA dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Dr Kaiman Turnip MSi yang juga Pj Kadis Kominfo Sumut.(Rel/Zul)

Laporan :Zulfan Kurniawam

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For Dimiyathi dan Yetty dilantik jadi Pj Tebing dan Tapteng Selasa