HPN 2023: Pelayanan Aparat Keamanan Ekspedisi Geopak Kaaldera SMSI, Patut Diapresiasi

Medan, RAGAMDibaca 925 Kali

MEDAN (mimbarsumut.com) –
Pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang berlangsung 4 – 6 Februari 2023, sukses dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Suksenya Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara yang puncaknya 9 Februari di Medan, tak terlepas dari pelayanan prima yang diberikan aparat keamanan mendampingi / menemani di setiap perjalanan dan mengatur lancar lalu lintas lintas sejak dari awal hingga berakhirnya Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI tersebut.

Aparat keamanan pengayom masyarakat ini benar –benar mengayomi dengan gerak cepat dan dengan senang hati. Bahkan, disetiap kegiatan – kegiatan mereka juga mendampingi dan mengawal, menjaga serta menertibkan suasana.

Rute pertama dilalui Kabupaten Tapanuli Utara. Di daerah awal yang dikunjungi SMSI Provinsi dan SMSI Pusat ini adalah Geosite Huta Ginjang di Kecamatan Muara Tapanuli Utara, dilanjutkan keg Kerajinan Ulos di Muara Kampung Ulos bersama Ketua Dekranasda Taput dan bersilaturahmi dengan Satika Situmorang, istri bupati.

Tim ekspedisi kemudian mengitari Pulau Sibandang di perairan Danau Toba naik kapal, memasuki Rumah Kuno yang berkerifan lokal di Pulau Sibandang Mura dan melalukan Silaturrrahmi dengan Bupati Taput sekaligus MoU Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Ekspedisi berikutnya meninjau Geosite Sipinsur di Humbang Hasundutan, Menara Padang Tele Samosir, Geosite Pusut Buhit Samosir, Taman Wisata Sibeabea, Jembatan Tano Ponggol di Paguruan Samosir, Ekspose Pembangunan Samosir oleh Vandiko Gultom. Dan ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba.

Dilanjutkan rute hari ketiga menuju Wisata B Sigale – Gale, Makam Sidabutar, menuju Huta Siallagan, berangkat dari Palabuhan Tomok menuju Parapat dan Silaturahmi di Mespora Pora , ke Siantar, keliling Kota Pematang Siantar naik becak setelah silaturrahmi dengan Walikota Siantar dan Bupati Deliserdang, terakhir di Medan.

Seluruh perjalanan ini mendapat pendampingan dari aparat keamanan, bahkan ketika menyebarangi menuju Parapat diikuti dengan pengamanan patroli laut dan ketika menuju Siantar bergabung mobil Polisi Militer hingga menju Serdang Bedagai.

Sebelumnya, Kapolda Sumut didampingi Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Jawari, menyambut baik rencana kegiatan ekspedisi itu.

Atas atensi dan dukungan penuh dari Keamanan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) , Ketua Umum SMSI, Firdaus mengucapkan kepada Kapoldasu dan jajarannya.

“Luar biasa sinergitas menemani Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI, semoga berkembang terus ke depannya,” ujarnya saat berbincang-bincang –bincang dengan Kapolsek Simanindo Polres Samosir menjelang menyeberang menuju Parapat.

Sebelumnya, Kapolsek Simanindo Polres Samosir AKP Nandi Butarbutar menyampaikan terimakasih telah melaksanakan kegiatan yang cukup baik untuk kemajuan dan diakuinya Kapodasu telah mengintruksikan agar terus dimonitor kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang dilaksanakan SMSI dalam rangkaian HPN 2023 di Sumatera Utara.

“Saya menyapaikan mohon maaf jika ada kekurangan yang dilakukan Aparat Kepolisian , akan tetapi kami telah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Nandi Butarbutar ditemani anggotanya.

Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu, mengatakan, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangkaian HPN 2023 yang digelar SMSI mulai dari 4-7 Februari, terlaksana berkat dukungan Pemprov Sumut, PT Agincourt Resources, Poldasu dan lainnya.

Ketua SMSI Sumut yang mendapat apresiasi ini berharap, dengan ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI kedepannya melalui informasi lewat pemberitaan geosite yang ada di seputaran Danau Toba, akan kembali dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Inilah dukungan nyata SMSI dalam mempertahankan Kaldera Geopark Toba yang telah diraih Sumut. Melalui Ekspedisi Kaldera Geopark Toba sehingga para jurnalis dan pengusaha media yang bergabung di SMSI dapat mengexplore keindahan dan culture yang ada di kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed