Guru Penjas SD RK 4 P. Siantar Intimidasi Siswa

Rabu, November 30th 2022. | Pematang Siantar, RAGAM | Dibaca 1,610 Kali

P. SIANTAR (mimbarsumut.com) – Peristiwa terjadi sekira sepekan lalu disaat orang tua siswa melaporkan pemalakan yang terjadi atas anak yang berinisial IH (8) kelas 2A SD RK.4

Kejadian bermula saat berada di sekolah, dari pengakuan IH kepada orang tua kandungnya dia sering dipalak di sekolah dari bulan September hingga Oktober.
Sehingga orang tua IH melaporkan ke sekolah dimana IH belajar.

Diduga dipalak oleh siswa inisial AP (9) kelas 3A SD RK 4 kakak kelas IH di Yayasan Santa Yoseph Medan SD Swasta RK No 4 Pematangsiantar.

AP sama sekali tidak mengenal IH adek kelasnya dan kawannya AP tidak pernah melihat AP dan IH pernah berdua di sekolah SD RK 4, Kelurahan Siopat Suhu, Kec. Siantar Timur Kota Pematangiantar.

Saat ditemui kepala sekolah SD RK 4, Harni Lestianna Saragih S.Pd. membenarkan bahwa ada datang orang tua siswa dari IH, sepekan lalu melaporkan bahwa anak mereka dipalak AP.

Kami pihak sekolah memanggil orang tua AP dan memediasi kedua belah orang tua siswa/i namun tidak ditemukanya barang bukti dan saksi atas pemalakan tersebut.

Pihak sekolah juga sudah mengintrogasi AP melalui wali kelas 3A, pak Nababan dan wali kelas 2A pak Sianipar sehingga AP mengakui kesalahan yang tidak dilakukanya.

Mungkin karena ada nada pengancaman terhadap AP yang membuat dia ketakutan maka dia mengakui kesalahan yang tidak terbukti.

Namun beberapa hari berselang, tepatnya 22 November 2022 sekira pukul 10.00 WIB, oknum guru pendidikan jasmani Simon Gultom melakukan intimidasi terhadap AP agar mengakui perbuatannya memalak IH.

Tindakan guru tersebut disertai tendangan dan pengancaman dengan tongkat estafet sehingga AP yang ketakutan mengakui hal yang tidak dia lakukan.

Dan saat AP pulang sekolah, dia melapor kepada orang tuanya bahwa dirinya diintimidasi oleh guru penjas tersebut. Sontak orang tua AP tidak terima dan meradang mempertanyakan lagi kepada pihak sekolah.

AP setelah diintimidasi oknum guru penjas jadi takut ke sekolah, apalagi beberapa temannya sudah menyampaikan secara langsung kepada AP sebagai tukang kompas / pemalak.

Namun pihak sekolah melalui kepala sekolah SD RK 4 Harni Letianna Saragih S.Pd menjawab seperti betele – tele tidak ada ketegasan, terkesan memastikan AP anak dari Gomphis Pasaribu adalah benar melakukan pemalakan, hanya berdasarkan bertanya dan inteogasi intimidasi sepihak.

Sehingga orang tua AP meminta rekaman CCTV yang ada disekolah tersebut dan dari sepekan lalu pihak sekolah selalu mengulur waktu dan menjawab harus ada ijin dan proses dari yayasan.

Kembali dipertanyakan, Selasa (29/11/2022) pukul 11.00 WIB, tetap saja pihak sekolah mengatakan bahwa rekaman CCTV dari September hingga Oktober 2022 tidak bisa dibuka dan tidak merekam, karena hanya sebatas memantau saja, sebut Harni.

Saat ditanya apa yang bisa dilakukan pihak semokah untuk memulihkan nama anaknya, AP. Kepala sekolah, kebingungan dan gugup tidak tau apa yang harus dilakukan.

Akhirnya, kepala sekolah mengatakan, kasih kami waktu satu minggu paling lambat untuk membuktikan si anak bersalah atau tidaknya.

“Kami siap memberikan konsekuensi apabila tidak terbukti anak didik kami AP melakukan kesalahan,” sebutnya.

Namua saat ditanya lagi kepala sekolah itu, terlihat gugup bingung baru menjawab kalau oknum guru penjas itu sudah di SP 1 (Surat Peringatan I ). Namun tak ditunjukan juga SP 1 itu, kepada orang tua AP.

Keluarga AP meminta bukti dan saksi dari sekolah yang menyatakan AP memang melakukan pemalakan tersebut bukan hanya berdasarkan kesaksian IH dan pengakuan AP padahal AP sendiri tidak ada pendampingan orangtuanya saat interogasi dan reka ulang peristiwa.

“Kami mau sekolah SD RK 4 harus memulihkan nama anak kami yang dituduh sebagai pemalak adik kelasnya yang tidak pernah terbukti memalak IH adik kelasnya cecar ,” Dina Purba orang tua AP dengan kesal dan kecewa terhadap SD RK 4.

Orang tua AP akan memindahkan anaknya dengan catatan nama baik AP harus dipulihkan dari catatan pemalakan yang tidak terbukti.

Laporan : anton garinggin / effendi purba

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Guru Penjas SD RK 4 P. Siantar Intimidasi Siswa