Korps Senior Himapsi Bangga Plt Wali Kota P. Siantar Kerap Berbusana Adat Simalungun

Jumat, Agustus 5th 2022. | Budaya, Pematang Siantar | Dibaca 402 Kali

P. SIANTAR (mimbarsumut.com) – Korps Senior Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) bangga dengan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA yang kerap mengenakan pakaian adat Simalungun dalam berbagai acara dan kesempatan.

Plt Wali Kota Susanti pun dianggap sangat menghargai budaya Simalungun yang merupakan budaya asli Kota Pematangsiantar.

Rasa bangga tersebut disampaikan Ketua DPP Korps Senior Himapsi Parlindungan Purba SH MM didampingi pengurus lainnya saat beraudiensi dengan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, di kantor Camat Siantar Marihat, Jalan Melanthon Siregar, Kamis (4/8/2022).

Parlindungan mengatakan, sejak dr Susanti dilantik sebagai wakil Wali Kota Pematangsiantar yang kemudian menjadi Plt Wali Kota, senantiasa mengenakan pakaian adat Simalungun. Seperti saat penyambutan di rumah dinas wakil wali kota pasca dilantik, penyampaian pidato pertama di gedung DPRD Kota Pematangsiantar dan lainnya.

“Terus terang, sebagai etnis Simalungun kami sangat bangga melihatnya. Kami berharap, ibu Plt Wali Kota tetap konsisten mengenakan pakaian adat Simalungun di acara – acara dan kegiatan, terutama acara-acara besar,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, mereka dari Korps Senior Himapsi siap mendukung berbagai program Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar di bawah kepemimpinan dr Susanti Dewayani SpA. Khususnya yang menyentuh kepentingan masyarakat demi mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Parlindungan menyampaikan sejumlah usulan dari DPP Korps Senior Himapsi. Diantaranya, agar Pemko Pematangsiantar melanjutkan rencana pembangunan Tugu Sangnaualuh Damanik.

Korps Senior Himapsi juga mengajak Pemko Pematangsiantar untuk mengadakan pargelaran budaya di Lapangan Parkir Pariwisata sebulan sekali.

“Juga memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) Simalungun yang memiliki kriteria dan kualifikasi untuk menduduki jabatan strategis di lingkungan Pemko Pematang Siantar,” tambahnya.

Masih kata Parlindungan, DPP Korps Senior Himapsi juga mendukung Kota Pematangsiantar menjadi Kota Toleransi di Indonesia untuk tetap menjaga kearifan lokal dengan falsafah Habonaron Do Bona dan Sapangambei Manoktok Hitei.

Selanjutnya, mengusulkan agar membuat pakaian dinas ASN, SD, dan SMP dengan batik motif budaya Simalungun untuk dikenakan sekali dalam seminggu di lingkungan Pemko Pematangsiantar.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani menyambut baik kehadiran Korps Senior Himapsi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Korps Senior Himapsi yang menyampaikan rasa bangga kepada dirinya yang kerap mengenakan busana adat Simalungun dalam berbagai kesempatan.

“Saya juga bangga mengenakan pakaian adat Simalungun,” sebutnya.

Plt Wali Kota Susanti juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Korps Senior Himapsi terhadap program-program Pemko Pematangsiantar. Plt Wali Kota dr Susanti mengajak Korps Senior Himapsi untuk bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Turut hadir, beberapa pengurus Korps Senior Himapsi, yakni Dr Corry Purba MSi, dr Harlen Saragih, Rohdian Purba, dan Rado Damanik.

Laporan : anton garingging

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Korps Senior Himapsi Bangga Plt Wali Kota P. Siantar Kerap Berbusana Adat Simalungun