Plt Wali Kota P. Siantar Ramah – Tamah Dengan Paskibraka dan Veteran

P. SIANTAR (mimbarsumut.com) – Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA beramah-tamah dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)/Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI).

Acara ramah-tamah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 itu, berlangsung di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar, Jalan MH Sitorus, Rabu (17/8/2022).

Pada acara tersebut, pelatih Paskibraka dan anggota Paskibraka Kota Pematangsiantar Bripka Andreas Simatupang dan Ulina Sihol Samosir mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Plt Wali Kota Pematangsiantar Ibu dr Susanti Dewayani SpA yang sudah memberikan perhatian dan support kepada mereka.

Disebutkan juga prestasi Paskibraka Kota Pematang Siantar yang pernah diraih. Tahun 2015, 2018, 2019, dan 2020 mengirimkan Paskibraka ke Paskibraka Nasional.

Selanjutnya penyerahan Piagam penghargaan secara simbolis kepada Paskibraka Kota Pematangsiantar 2022.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya menyatakan acara tersebut merupakan momentum untuk memupuk serta memperkuat komitmen jati diri anak bangsa dalam menghargai jasa-jasa para sesepuh dan tokoh pejuang.

“Kehadiran para sesepuh dan tokoh pejuang di tengah-tengah kita pada acara yang penuh bersejarah ini akan menjadi kekuatan, spirit, sekaligus motivasi kepada generasi penerus bangsa dalam mengenang kembali serta menghormati jasa para pahlawan sebagai pejuang kemerdekaan dan menanamkan kembali pentingnya arti nilai-nilai kepahlawanan, khususnya di Kota Pematang Siantar yang kita cintai,” terangnya.

Sebagai bangsa yang berbudaya, lanjutnya, sudah selayaknya kita memberikan penghormatan atas jasa- jasa pejuang perintis kemerdekaan. Meskipun tidak akan sebanding, namun kita tetap ikut ambil bagian dalam mewujudkan keinginan para pejuang, yakni mewujudkan cita-cita Proklamasi dalam mengisi kemerdekaan.

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah adalah semboyan yang diucapkan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno dalam pidato terakhirnya pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik indonesia tanggal 17 Agustus 1966. Artinya kita harus belajar dari sejarah bangsa ini yang penuh perjuangan,” katanya.

Untuk mewujudkan rasa syukur atas jasa-jasa dan pengorbanan para pahlawan kesuma bangsa, kita harus berikrar untuk meneruskan perjuangan melalui semangat sesuai tema HUT ke- 77 Kemerdekaan Ri, yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

“Saya mengajak semua untuk mengisi kemerdekaan ini dengan menjadi diri kita sebagai sumber daya pembangunan yang memiliki energi dan semangat kerja. Kepada para pejuang perintis kemerdekaan dan mereka yang telah mendarma-baktikan dirinya untuk bangsa dan negara, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan pengorbanan dan bakti tersebut tidak mungkin dapat dibalas. Hanya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dapat membalas dan semoga semua pejuang yang telah mendahului kita mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT.,” sebutnya.

“Bagi orang tua kami yang sampai saat ini masih dalam keadaan sehat, mari kita berdoa semoga Allah SWT memberikan kesehatan, kekuatan, dan hidup yang penuh berkah,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota Susanti juga menyampaikan apresiasi kepada Paskibraka yang telah melaksanakan tugas saat Detik-detik Proklamasi. Juga kepada anak-anak berprestasi lainnya dari berbagai bidang, baik seni, budaya, olah raga, dan sains.

“Pesan saya, ukirlah prestasi sebanyak- banyaknya, isi masa muda kalian dengan berbagai kegiatan yang positif karena itu adalah salah satu cara kita mewujudkan cita-cita para pejuang dan pahlawan kita,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cenderamata kepada LVRI/PIVERI Kota Pematangsiantar.

Turut hadir, Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP, para Staf Ahli dan Asisten di lingkungan Pemko Pematang Siantar, para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematang Siantar, LVRI/PIVERI Kota Pematang Siantar, para pelatih Paskibraka dan anggota Paskibraka Kota Pematang Siantar, serta Inggou Victory.

Laporan : anton garingging

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed