Pj Tebing dan Tapteng Kembali Alot, Diiusukan Nama Jadi di Luar Usulan Gubsu * Diprediksi Sekda Menjadi PLT

Jumat, Mei 20th 2022. | SUMUT | Dibaca 261 Kali

MEDAN (mimbarsumut.com) — Eskalasi politik penetapan Penjabat (Pj) Walikota Tebingtinggi dan Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) yang pekan lalu sempat dikabarkan sudah final untuk Baharuddin Siagian dan Afifi Lubis, paruh pekan ini tampaknya kembali alot.

Bahkan hingga Kamis (19/5) sore, pihak Pemprov Sumut belum menerima penetapan nama Pj yang dihunjuk, begitu juga petunjuk teknisnya, sehingga pelantikan kedua Pj yang seyogyanya 22 atau 23 Mei 2022 sesuai akhir masa periode kedua kepala daerah (KDH) saat ini, kemungkinan belum terlaksana.

Dalam kondisi yang masih spekulatif tersebut, sumber-sumber berkompeten di pusat memprediksi pihak Mendagri menetapkan masing-masing Sekdakab Tapteng dan Sekda Kota Tebingtinggi selaku pelaksana tugas (Plt) bupati dan Plt walikota agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan di kedua daerah otonom itu.

Sekda Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyati

Info aktual yang beredar di kantor Gubsu Kamis (19/5) sore disebut-sebut dua figur yang akan dihunjuk pusat untuk Pj KDH di kedua daerah itu bukan nama-nama yang disebut sudah final selama ini, bahkan ada info di luar nama-nama yang diusulkan oleh Gubernur Sumut. Hal ini memang dimungkinkan karena Pj Bupati dan Walikota sepenuhnya kewenangan Mendagri, selain itu sifatnya adalah usulan.

Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sumut Ahmad Rasyid Ritonga ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan pihaknya belum menerima penetapan nama dari Mendagri hingga Kamis (19/5) sore.

Tentang berbagai info yang beredar termasuk info nama di luar usulan Gubsu beliau tidak bersedia mengomentarinya karena pihaknya belum menerima petunjuk maupun arahan tertulis dari Kemendagri.

Sementara itu awal pekan lalu memang nama Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi disebut-sebut sudah final untuk menduduki Penjabat (Pj) Walikota Tebingtinggi, sementara Pj Sekdaprovsu H Afifi Lubis untuk Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng)

Kedua ini disebut-sebut lolos dari penggodokan setelah Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengusulkan 3 nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi dan 3 nama calon Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) ke Kemendagri.

Proses ini berlangsung karena masa jabatan Wali Kota Tebingtinggi saat ini Umar Zainudin Hasibuan dan Wakil Wali Kota Tebingtinggi Oki Doni Siregar serta Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, akan berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang.

Masing-masing penjabat kepala daerah yang diusulkan tersebut saat ini menduduki jabatan eselon II Pemprovsu sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Untuk Pj Walikota Tebingtinggi yang diusulkan yakni masing-masing Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi, Kepala Dinas Perlundungan Anak Hj Nurlela dan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumut Aprilla H Siregar SH MH.

Sedangkan untuk Pj Bupati Tapanuli Tengah yakni Pj Sekdaprov Sumut yang juga Sekretaris DPRD Sumut H Afifi Lubis, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Dr H Asren Nasution MA dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat, Dr Kaiman Turnip MSi yang juga Pj Kadis Kominfo Sumut.(mimbarumum.co.id/Zul).

Laporan : Red.

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :

Related For Pj Tebing dan Tapteng Kembali Alot, Diiusukan Nama Jadi di Luar Usulan Gubsu * Diprediksi Sekda Menjadi PLT