Praeses : “Hanya Satu Natal Oikumene di Kota Tebingtinggi” *Perayaan Oikumene 16 Desember 2018

RAGAM, SUMUT, TebingtinggiDibaca 1,768 Kali
Keterangan gambar : Panitia Natal Oikumene Kota Tebingtinggi tahun 2018 melakukan audensi kepada Praeses HKBP Distrik XIV Tebingtinggi – Deli Pdt Pantun Silitonga. (Foto MS / rn)

TEBINGTINGGI (MS) – Praeses HKBP Distrik XIV Tebingtinggi – Deli Pdt Pantun Silitonga secara tegas mengatakan, hanya satu Natal Oikumene di Kota Tebingtinggi yakni yang dibentuk Bamagnas (Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional) sesuai SK Walikota Tebingtinggi. Diluar dari itu, tidak ada Natal Oikumene yang lain maupun mengatas namakan BKAG (Badan Kerjasama Antar Gereja).

Penegasan ini disampaikan Praeses Pdt Pantun Silitonga kepada panitia Natal Oikumene yang melakukan audensi, Sabtu (1/12) di ruang rapat kantor Distrik XIV Tebingtinggi – Deli Jalan Kartini. Turut mendampingi Praeses, Pdt Wissel Siregar, Pdt James M Nainggolan, Pdt Melkior Manurung, Pdt Ramot Purba dan Gr H Saldo Hutabarat.

Sementara panitia Natal Oikumene yang ikut beraudensi yakni Ketua Pahala Sitorus yang merupakan jemaat HKBP, Sekretaris Pdt Samsir Manullang, Bendahara Pdt Alman Sianturi, Pdt MH Sianturi, Pdt L Munthe, Pdt H Tarigan, Pdt R Siahaan, Pdt H Pardede, Pdt Z Purba, Pdm P Simanjuntak, A Tampubolon, Teman Barus dan AKP Arifin Tampubolon (Ketua II).

Dalam kesempatan itu, Praeses mengatakan umat Kristen di Kota Tebingtinggi harus bersatu dan tetap kompak untuk mensukseskan pelaksanaan Natal Oikumene. “Jemaat maupun umat Kristen jangan sampai simpang siur, Natal Oikumene di Kota Tebingtinggi hanya satu sesuai SK Walikota dan panitia Natal Oikumeme dibentuk Bamagnas,” tegas Pdt Pantun Silitonga.

Praeses meminta agar panitia Natal Oikumene dapat bekerja dengan baik dan masyarakat tidak perlu ragu serta bimbang. Semua jemaat maupun elemen organisasi Kristen harus mendukung panitia Natal Oikumene sesuai SK Walikota Tebingtinggi. Penegasan ini juga untuk menjawab keraguan dan kebimbangan umat Kristen dengan adanya kabar Natal Oikumene di Kota Tebingtinggi ada dua. “Hanya satu perayaan Natal Oikumene di Kota Tebingtinggi yakni yang dibentuk sesuai SK Walikota,” tegas Praeses.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana perayaan Natal Oikumene Kota Tebingtinggi tahun 2018, Pahala Sitorus menyampaikan bahwa perayaan Natal Oikumene Kota Tebingtinggi dilaksanakan 16 Desember 2018 di lapangan Brimob. Panitia mengundang pengkhotbah Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea MTh dan doa syafaat dibawakan Ephorus Emeritus Pdt DR Jaharianson Saragih (GKPS).

Panitia juga akan melakukan kegiatan sosial ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kota Tebingtinggi dan membagikan alkitab kepada warga binaan umat Kristiani. Pada saat perayaan natal, panitia akan menyerahkan bingkisan natal berupa beras kepada 200 KK warga kurang mampu.

Disebutkan, prosesi akan dimulai pukul 15.00 WIB dari gereja HKBP Kota Baru. Perayaan natal yang akan dihadiri Walikota, unsur Forkopinda dan Kakan Kemenag akan semakin meriah dengan hadirnya artis ibukota (Jakarta) Rani Simbolon dan Dorman Manik.

“Untuk pertama kalinya perayaan natal oikumene di Kota Tebingtinggi, panitia tidak lagi meminta bantuan dan partisipasi dari seluruh denominasi gereja,” ungkap Pahala Sitorus. (rn)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed