Kapoldasu, Danrem, Dandim dan Kapolres Hadiri Panen Perdana di Sergai

Selasa, Agustus 31st 2021. | RAGAM, Serdang Bedagai | Dibaca 636 Kali

Kapoldasu, Danrem, Dandim dan Kapolres hadiri panen perdana di Sergai

TEBINGTINGGI (MS) – Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, melakukan panen padi perdana di lahan sawah yang baru dicetak di Desa Paya Mabar, Kecamatan Tebingtinggi, Selasa (31/8).

Panen perdana itu dihadiri Kapoldasu diwakili Irwasda Kombes. Pol. Drs. Armia Fahmi,MH dan Danrem 022/PT Kol.Parlindungan Hutagalung, SAP, Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sigiyarso SIK.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, dalam kesempatan itu mengatakan, lahan persawahan di Serdang Bedagai masih tergolong kurang dan perlu untuk diperluas. Di Serdang Bedagai sendiri pun masih banyak sawah yang sistem tanamnya tadah hujan, bukan dengan irigasi.

Kurangnya lahan sawah di Serdang Bedagai, lanjut dia, sudah menjadi perhatiannya bahkan sejak di masa kepemimpinan dirinya dan Bupati periode sebelumnya, Ir. H. Soekirman.

“Kami pernah membuat Perda yang mengatur bagaimana supaya lahan sawah ini bisa terus bertambah, tidak sampai hilang. Mengingat Serdang Bedagai adalah salah satu daerah di Sumut yang produksi berasnya mampu surplus, ” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat supaya jangan kehilangan lahan sawah meskipun di tengah pembangunan infrastruktur jalan tol.

“Kita harus mampu cetak sawah lagi. Dan syukur Alhamdullilah imbauan ini sudah banyak diiukuti oleh masyarakat. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan terlaksananya panen perdana ini, ” katanya.

Di Kecamatan Tebingtinggi sendiri, lanjut dia, sudah dilakukan pembukaan lahan untuk pertanian kurang lebih seluas 20 hektar. Hal yang sama, juga sudah terlaksana di Tanjung Beringin, Teluk Mengkudu dan Perbaungan.

Pemkab, lanjut dia, terus menganjurkan agar masyarakat bisa melakukan cetak sawah mandiri. Tidak harus menunggu datangnya bantuan dari pemerintah. Namun bukan berarti pemerintah tidak melibatkan diri.

Pemerintah bisa berkolaborasi dengan masyarakat, misalnya dalam penyediaan alat berat untuk proses pembukaan lahan sawah, sedangkan masyarakat bisa urunan untuk biaya operasional bahan bakar dan upah operator alat beratnya.

“Pemkab Serdang Bedagai juga sudah mengajukan permohonan bantuan ke Dirjen Pertanian dan PU untuk mengakomodasi terlaksananya program cetak sawah ini, ” katanya.

Juga tampak hadir, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH M.Hum, Dandim 0204/0205 Letkol Kav.Jackie Yudanthara, S.Sos, Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, ST. MSP, Ketua DPRD dr M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH SE MKM, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut Ir.Bahruddin Siregar, MM dan Kepala Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian Provinsi Sumut Dr Khadijah El Ramija ,SPi MSi.

Panen perdana di lahan cetak sawah baru itu diwarnai dengan pemotongan nasi tumpeng dan penyerahan bantuan hand traktor 8 unit dan benih padi oleh Bupati Serdang Bedagai.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Kapoldasu, Danrem, Dandim dan Kapolres Hadiri Panen Perdana di Sergai