Pemkab Sergai – BPS Sinergi Lakukan Pemutakhiran Data Pertanian

Jumat, Maret 18th 2022. | RAGAM, Serdang Bedagai | Dibaca 470 Kali

Diabadikan bersama

SERGAI (mimbarsumut.com) – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam kegiatan Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilayah Kerja Statistik Sensus Pertanian 2023 Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Aula Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (18/3/2022).

Darma Wijaya menekankan pentingnya data dalam hal apapun. Baginya, tanpa adanya data tentu tidak akan bisa diketahui hasil dari apa yang akan sudah dikerjakan. Saat ini data pertanian dan perkebunan masih perlu disempurnakan, misalnya saja luas lahan irigasi dan perkebunan yang masih simpang siur.

Dengan kehadiran pihak Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini mampu menyediakan dasar yang bisa menggambarkan kondisi suatu wilayah secara makro. Data ini akan sangat penting sebagai referensi bagi pemerintah daerah dalam membuat perencanaan dan evaluasi kebijakan pembangunan daerah.

Bupati juga mengatakan, jika Pemkab Sergai selalu berkomitmen dalam setiap kebijakan dan pengambilan keputusan dengan selalu berpedoman kepada data, yang menjadi syarat penting untuk memulai pembangunan yang dilaksanakan.

Hal ini sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), di mana SDI merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah, untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung jawabkan, serta tentunya mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah .

Kepada OPD terkait, Camat, Kepala Desa/Lurah, Bupati meminta agar seluruhnya berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS Sergai sebagai mitra pada bulan Maret selama satu bulan penuh.

Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara Nurul Hasanuddin, SST, M.Stat, menyebut pihaknya melihat potensi pertanian yang sangat luar biasa di Sumut, terkhusus di Sergai.

Maka dari itu perlu langkah strategis agar pendataan dapat berjalan dengan baik. Ia menyebut salah satu hal yang penting dilakukan adalah menyatukan persepsi agar proses pensatistikan dapat berjalan lancar, terukur dan kualitas data lebih baik lagi.

Saat ini ada 102 petugas kita yang tersebar di Sergai. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan data dan informasi terkait potensi pertanian dan tidak ada yang luput. Pensatistikan di Kabupaten Sergai dapat berjalan dengan baik dan semoga hasilnya dapat dijadikan sebagai pedoman pembangunan di sini,” ungkap Nurul.

Laporan : Sutrisno

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Pemkab Sergai – BPS Sinergi Lakukan Pemutakhiran Data Pertanian