Wabup dan Kapolres Sergai Tabur Benih Perdana Di Lahan Alih Fungsi Seluas 30 H

Minggu, Mei 31st 2020. | RAGAM, Serdang Bedagai | Dibaca 79 Kali

Poto bersama saat penaburan bibit perdana di areal alih fungsi sawah.

SERGAI (MS) – Wabup Sergai H Darma Wijaya bersama Kapolres tabur benih padi perdana di 20 hektar sawah baru atau lahan baru dicetak menjadi sawah atau alih fungsi dari tanaman kelapa sawit menjadi persawahan, di Dusun I Desa Paya Mabar Kec. Tebingtinggi, Kab. Sergai, Sabtu (30/5/2020).

Darma Wijaya mengatakan di lokasi lahan ini terdapat 30 hektar yang akan dipergunakan untuk menjadi lahan sawah. Namun, saat ini baru terselesaikan sebanyak 20 hektar lahan sawah baru, yang hari ini telah kita lakukan penaburan benihnya.

Pembuatan lahan baru ini merupakan dukungan pemerintah daerah terhadap program pemerintah pusat yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan dan meningkatkan ketahanan pangan Sergai. Selain itu juga Sergai merupakan kabupaten surplus beras di Provinsi Sumatera Utara, kata Wabup.

Ia mengatakan setelah modal awal dari pencetakan lahan ini didapatkan, maka keuntungan dari panen akan disumbangkan kepada masyarakat kurang mampu yang dirasa layak untuk menerima bantuan tersebut.

“Kepada seluruh masyarakat Sergai yang ingin mencetak lahan persawahan baru, tidak perlu takut untuk mencetak sawah baru, masyarakat boleh mencetak sawah seluas-luasnya asal sesuai dengan aturan yang berlaku ,” ajak Wabup.

Sementara Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang mengatakan bahwa sebagai pelopor ketahanan pangan, Polres bersama Pemkab mengalih fungsikan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 30 Ha yang kurang produktif diubah menjadi lahan persawahan untuk memenuhi ketahanan pangan selama situasi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai.

Program ketahanan pangan dibuat dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan masyarakat kabupaten Serdang Bedagai selama masa pandemi Covid-19, jadi masyarakat tidak bergantung lagi dengan bantuan pemerintah.

Polres Serdang Bedagai juga turut andil dalam menjaga ketahanan pangan, dengan melakukan penanaman ladi pada lahan seluas 2 Hektare untuk ketersediaan pangan di Kabupaten Serdang Bedagai dan hasil keuntungan dari penanaman padi tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, kata Kapolres.

Laporan : Sutrisno

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Wabup dan Kapolres Sergai Tabur Benih Perdana Di Lahan Alih Fungsi Seluas 30 H