Bupati Simalungun Ajak Semua Pihak Sukseskan Pilpanag 15 Maret 2023

RAGAM, SimalungunDibaca 450 Kali

SIMALUNGUN (mimbarsumut.com) – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Pangulu (Pilpanag) yang akan berlangsung pada 15 Maret 2023 mendatang di wilayah Kabupaten Simalungun.

Ajakan itu disampaikan Bupati dalam sambutannya di acara Coffee Morning Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang di gelar di Kantor Kejaksaan Negeri Simalungun, Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Jum’at (10/3/2023).

Disampaikan Bupati, terkait Pilpanag membutuhkan kerja sama semua pihak dalam menyukseskannya. Untuk itu kepada seluruh tokoh atau pimpinan OPD jangan ada memberikan gestur atau opini yang bisa membuat persoalan di pelaksanaan Pilpanag nantinya.

“Biar pilihan masyarakat di TPS yang menentukan pimpinannya di Nagorinya masing-masing, namun membutuhkan perhatian serius kita semua untuk mensukseskan Pilpanag ini,” kata Bupati.

Disamping itu, Bupati menyampaikan, harus ada antisipasi dan perhatian kita terhadap gangguan dan persoalan yang mungkin terjadi, termasuk masyarakat yang tidak punya hak pilih.

“Jadi ini juga diperlukan koordinasi kita semua. Kita juga harus bisa mengantisipasi atau menghindari provokasi yang mungkin terjadi, yang di lakukan oleh penduduk masing- masing,” kata Bupati.

“Kita berharap, kita bisa bekerjasama untuk mensukseskan Pilpanag, dan Kita berharap tidak ada Pilpanag ulang ,” sambung Bupati menambahkan.

Sebelumnya, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung menjelaskan bawah yang melaksanakan Pilpanag ada 1.209 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 339.206.”Ini yang menjadi target pengamanan kami,”kata Kapolres.

Kapolres menyampaikan bahwa pihaknya akan menurunkan personil pengaman kurang lebih sekitar 1.604 personil yang terdiri dari Polri dan TNI yang berasal Polda atau Polres Kabupaten tetangga.

“Dan mungkin kami juga masih membutuhkan personil tambahan, mengingat pengamanan ini di pusatkan di Nagori atau desa dari Satpol dan satuan pengamanan lainya,”ucap Kapolres.

Pengamanan Pilpanag, Kapolres mengatakan, juga terkait dengan distribusi logistik surat suara yang akan terus di kawal dari mulai di bagikan sampai nantinya di kumpulkan di kantor DPNPM (Dinas Pemerintahan Nagori dan Pemberdayaan Masyarakat) di Pematang Raya.

Kapolres berharap semua stekholder bisa bekerjasama sama dalam mensukseskan dan memberikan keamanan serta kekondusifan dalam Pilpanag sehingga bisa berjalan baik dan aman.

Sementara itu, Kadis PNPM Sarimuda AD Purba melaporkan bahwa kesiapan pihaknya bersama panitia dalam Pelaksanaan Pilpanag serentak yang akan di laksanakan dalam waktu dekat. Ada 32 Kecamatan, 248 Nagori, 1.209 Huta atau dusun, 1.209 TPS dan 339.206 DPT yang melaksanakan Pilpanag.

“Dan ada 763 orang calon Pangulu dengan rincian jumlah Pangulu 2 orang ada 96 Nagori, jumlah Pangulu 3 orang ada 74 Nagori, 4 orang ada 41 Nagori, 5 orang ada 37 Nagori,”urai Sarimuda.

Sarimuda juga menyampaikan bawah pendistribusian logistik akan di laksanakan pada 13 Maret 2023. Dalam pendistribusian ini pihaknya memerlukan pengamanan untuk bagaimana ini dapat di laksanakan dengan baik.

Pengumuman pemenang Pilpanag akan di laksanakan usai pelaksanaan Pilpanag melalui rapat pleno di setiap kantor Pangulu.

Dalam acara itu, Kajari Simalungun Irfan Hergianto menyampaikan bawah Coffee Morning ini merupakan ngopi bersama menyelesaikan masalah tanpa masalah terkait Pilpanag yang akan di laksanakan dalam waktu dekat di Kabupaten Simalungun.

“Harus ada ketegasan dari kita sebagai penegak keamanan dan juga Humanis dalam menyikapi Pilpanag ini,”kata Kajari.

Acara Coffee Morning sebelumnya di awali dengan senam sehat bersama Forkopimda di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Simalungun yang di ikuti oleh para pegawai Kejaksaan Negeri Simalungun juga para pejabat tinggi Pratama, dan administrator di lingkungan Pemkab Simalungun

Tampak juga hadir antara lain Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Ketua PN Murnaningsih Amriani, Wakapolres Kompol Efianto dan mewakili Dandim 0207/ Simalungun Kapten Inf M Saragih serta Sekda Esron Sinaga.

Laporan : anton garingging

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed