Gemapsi Unjukrasa Minta DPRD Bentuk Pansus Pelanggaran Sumpah Jabatan Bupati

Selasa, September 28th 2021. | RAGAM, Simalungun | Dibaca 696 Kali

Gemapsi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Simalungun, minta DPRD bentuk Pansus untuk penyelidikin dugaan pelanggaran sumpah jabatan Bupati Simalungun

SIMALUNGUN (MS) – Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Gemapsi) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Kabupaten Simalungun, Selasa (28/9/21).

Dalam aksinya, Gemapsi meminta agar DPRD Simalungun segera membentuk Panitia Khusus (Pansus),  untuk penyelidikan dugaan pelanggaran sumpah jabatan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Dalam pernyataan sikapnya, Gemapsi menduga Bupati telah melakukan pelanggaran Hukum, dengan adanya penjualan foto, spanduk, dan atribut kepada sekolah yang dibayarkan dengan menggunakan dana BOS.

“Segera bentuk pansus, selidiki dugaan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan bupati” ucap Anthony Damanik dalam orasinya dihadapan Ketua DPRD.

Gemapsi juga menyoroti penyelenggaraan marharoan bolon, yang dianggap telah mencederai rasa keadilan di tengah-tengah masyarakat, dimana Bupati sebagai penerima rekor MURI, padahal uang, tenaga dan yang lainnya berasal dari masyarakat.

Bahkan pertanggungjawaban dana yang dihimpun untuk marharoan bolon belum juga dipublikasikan kepada masyarakat Ujar : Antoni

Gemapsi juga menduga bahwa Bupati Simalungun melakukan praktek KKN dengan mengangkat guru SMP fungsional, jadi kepala bidang dinas pendidikan, yang merupakan Bermarga Sinaga.

Dalam pernyataan sikapnya Bupati sudah menciderai hati masyarakat Simalungun, dengan mengangkat Sekda yang bukan orang Simalungun.

“Bupati telah menyakiti, perasaan masyarakat yang memiliki jati diri Simalungun dengan diangkatnya Sekda yang bukan orang Simalugun” ucap Anthony Damanik.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan, pihak DPRD akan terlebih dahulu mengkaji apa yang dilontarkan oleh Gemapsi.

Timbul mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan rapat pimpinan, karena keputusan tidak berada hanya di tangan satu orang.

“Kita mengambil keputusan secara bersama-sama, dan minggu depan akan kita sikapi di rapat pimpinan” ucap Timbul Jaya.

Mendengar jawaban Ketua DPRD, Ketua Gemapsi menerima dan menunggu sikap dari DPRD Simalungun. Gemapsi akan tetap menuntut agar DPRD membentuk Pansus.

Laporan : Anton Garingging

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Gemapsi Unjukrasa Minta DPRD Bentuk Pansus Pelanggaran Sumpah Jabatan Bupati