Junimart Girsang Bersama BPN Simalungun Sosialisasikan Program Sertifikasi Redistribusi Tanah

Sabtu, Februari 12th 2022. | RAGAM, Simalungun | Dibaca 438 Kali

SIMALUNGUN (mimbarsumut.com) – Wakil Ketua Komisi II DPR-RI DR. Junimart Girsang, SH, MBA, MH setelah melakukan koordinasi kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang / BPN-RI, turun ke Kab. Simalungun untuk menyelesaikan keluhan masyarakat terkait kepemilikan sertifikat hak milik tanah.

Junimart Girsang bersama dengan Badan Pertanahan Nasional Simalungun mensosialisasikan program sertifikasi redistribusi tanah pada masyarakat di 6 kecamatan (Dolog Masagal, Purba, Haranggaol, Silimakuta, Dolok silau dan Pematang Silimahuta).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di SMP N.1 Pematang Silimakuta dan dihadiri camat, pangulu dan relawan patok batas tanah, Jumat (11/2/2022).

Junimart Girsang juga meminta kepada pangulu (kepala desa/red) harus terlibat aktif dan membantu petugas patok maupun pegawai BPN Simalungun untuk memastikan tanah yang dimohonkan tidak dalam masalah, sehingga program sertifikasi redistribusi tanah tersebut tepat sasaran.

“Ini program sertifikasi redistribusi tanah untuk kepentingan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan diminta peran dukungan masyarakat juga pemerintah dibawah (Pangulu) untuk dapat membantu petugas patok maupun pegawai BPN Simalungun, sehingga program ini dapat tepat sasaran,” ujar Junimart Girsang saat memberi kata sambutan.

Disebutkannya, program sertifikasi redistribusi tanah ini untuk menghindari mafia tanah maupun kolongmerat yang ingin menguasai tanah masyarakat. Kesempatan dalam program ini untuk masyarakat yang berpendapatan rendah dapat memiliki Sertifikat hak milik tanahnya” Jelasnya.

Sedangkan kepala seksi III BPN Simalungun, Manaek Hutabarat menjelaskan bahwa program sertifikasi redistribusi tanah berbeda dengan program PTSL, dan untuk saat ini di 6 Kecamatan diberikan program ini sekitar untuk 3500 bidang tanah.

“Program sertifikasi redistribusi tanah ini merupakan program yang baru selain program PTSL untuk mewujudkan program pemerintah pada masyarakat atas kepemilikan sertifikat hak milik atas tanah dan dapat mewujudkan perekonomian masyarakat dengan bekerja sama dengan perbankan, saat ini 6 kecamatan yaitu, Dolog Masagal, Purba, Haranggaol, Silimakuta, Dolok silau dan Pematang Silimahuta mendapat kuota sekitar 3500 sertifikat bidang tanah untuk masyarakat yang berpendapatan rendah dan sudah dimulai pemetaan beberapa hari yang lalu dan masih terkumpul sekitar 150 berkas yang memohon,” ucap Manaek Hutabarat.

Masyarakat yang didampingi Pangulu dan relawan patok berterima kasih atas program tersebut dan meminta untuk pemerintah melanjutkan program ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sangat bagus dan semoga program ini berkelanjutan sehingga masyarakat dapat memiliki sertifikat tanah atas hak miliknya dan dapat digunakan untuk diagunkan ke Bank sehingga perekonomian masyarakat dapat bertumbuh dengan adanya modal nantinya,” sebut salah satu masyarakat yang menghadiri sosialisasi.

Laporan : Anton Garingging

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Junimart Girsang Bersama BPN Simalungun Sosialisasikan Program Sertifikasi Redistribusi Tanah